Zaha Hadid; Arsitek Muslimah Terbaik Dunia

Seorang wanita muslimah kondang, Zaha Hadid ditantagn untuk membangun gedung spektakuler baru. Zaha akan mengawal pembangunan pusat penelitian sekalian perpustakaan untuk dokumen kekejaman Khmer Merah di masa 1970-an. Bangunan bernama Sleuk Rith Institute itu bakal didirikan di pusat ibu kota Kamboja, Phnom Penh.

Muslimah ini menginspirasi muslimah lainnya, wanita yang lahir 31 Oktober 1950, di Baghdad, Irak. Di besarkan di salah satu bangunan pertama Baghdad Bauhaus. Dia merupakan alumni jurusan matematika Beirut, dan anggota Asosiasi Arsitektur Arsitektur di London.

Arsitek Wanita Populer yang berani, julukan Zaha Hadid juga sebagai tonggak eksistensi desain-desain futuristik serta menggabungkannya dengan tehnologi mambuat namanya selalu dikenang di selama hidup didunia arsitektur, latar belakangnya yang seseorang pakar matematika membuatnya berani mebuat desain-desain ekstrim.

Zaha Hadid kini menjadi arsitek paling populer didunia. Bangunannya pernah dinominasikan untuk Penghargaan bergengsi termasuk juga MAXXI (2010), Stasiun Kereta Api Kabel Nordpark (2008), Phaeno Science Centre (2006) serta BMW Central Building (2005).

Style design dari seseorang Zaha Hadid dapat dimaksud design yang berani, kontempror, organik, inovatif. memakai tehnologi dengan material yang jauh dari kata ‘biasa’.

Pada tahun 2004, Zaha Hadid dinobatkan menjadi muslimah pertama serta pertama penerima Pritzker Architecture Prize, setara Nobel arsitektur, dari dewan redaksi Encyclopædia Britannica. Pada tahun 2006 ia memperoleh kehormatan dengan retrospektif meliputi semua pekerjaan nya di Museum Guggenheim di New York, th. itu ia juga terima Gelar Kehormatan dari Kampus Amerika di Beirut.

Pada 2010 ia dinobatkan majalah Time juga sebagai pemikir yang memiliki pengaruh dalam survey tahunan mereka dari “50 Dunia Angka Paling Punya pengaruh 2010″. Pun demikian, Zaha Hadid memenangkan Hadiah Stirling dua tahun.

Kantor Zaha Hadid berpusat di London, Inggris. Dia menyelesaikan 950 projects dari 44 negara, serta memiliki 300 staf dari 55 negara yang berbeda. Berikut beberapa karya Zaha Hadid:

London Aquatic Center, usai 2011 – direncanakan juga sebagai Gelanggang Renang untuk Olimpiade Musim Panas 2012 di London. Rencana bentuk bangunan di inspirasi dari geometri air yang bergerak, sesuai dengan lingkungan sungai di Olympic Park London.

Sheikh Zayed Bridge, Abu Dhabi, usai 2010 – jembatan sebagai kebanggaan pemerintah serta rakyat UAE yaitu jembatan dengan susunan kantilever tanpa ada kabel. Jembatan dengan 2 arah 4 jalur ini menggantung pada susunan baja lengkung raksasa yang dibuat seperti ombak.

Salah satu karya Zaha Hadid

Salah satu karya Zaha Hadid

King Abdullah Petroleum Studies and Research Center (KAPSARC), Riyadh, KSA, gagasan usai th. 2012 – bangunan riset minyak punya ARAMCO ini mempunyai rencana yang mengagumkan, bukan sekedar direncanakan juga sebagai green building yang irit daya, namun juga memiliki bentuk yang seperti paduan crystal yang nampak dari lingkungan gurun.

MAXXI : Museum of XXI Century Arts, Roma, Italia, usai 2009 – jadikan museum juga sebagai objek bangunan yang bisa dibuka seluruhnya kelompok. Bentuk bangunannya yang fluid tak memberi batas pada ruangan eksterior serta interior.

Abu Dhabi Performing Arts Center – ditujukan untuk semua bentuk pertunjukan seni di UAE, theater, music hall, concert hall, serta opera house. Di ciptakan dengan bentuk yang ’sculptural’ seakan karya seni pahat yang berdiri megah menngarah ke laut.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.