Yuk Menjadi Wanita Cantik dan Cerdas

Nisa, seorang ibu paruh baya. Wanita cantik berhijab ciri khas wanita muslimah dengan bekal agama sejak kecil, suatu hari kaget melihat anaknya membuka internet dan mengakses situs berbahaya. Apa daya, Nisa sang ibu, hanya bisa marah melampiaskan kekesalannya pada anaknya. Dia tak tahu apa yang harus dilakukan. Jamannya tidak mengenal internet. Beda dengan jaman anaknya sekarang.

Sebuah dilema bagi seorang wanita. Perpaduan wanita cantik sekaligus cerdas adalah kombinasi yang tidak mudah. Wanita dengan kelembutannya, rasa yang dalam, senantiasa akan menggapai keindahan yang dimulai dari tubuhnya. Merawat, dari kuku sampai ujung rambut. Untuk apa? Untuk sebuah gelar yang nanti membuat dirinya tersipu, cantik (baca: pangkal kecantikan kulit wanita).

Namun, tak sedikit wanita lupa akan kecerdasan. Wanita cerdas berarti wanita yang bisa mengambil tindakan tepat dalam situasi yang sulit, tidak mengedepankan hawa nafsu dan menggunakan rasionalitasnya. Cerdas tak mutlak didapatkan dari jenjang pendidikan.

Wanita cantik belum tentu cerdas, namun wanita cerdas pasti dia cantik. Kecantikan yang berasal dari aura kecerdasannya, sebuah pancaran kecantikan dari dalam, membuat siapa yang memandangnya akan tertarik. Dialah wanita cantik dengan ilmu sebagai kecantikan dan keselamatan pada dirinya agar tidak mudah tergoda oleh yang ingin memanfaatkan kecantikannya.

Sahabat muslimah, ketahuilah bahwa wanita cerdas akan mengajak dirinya dan orang lain hidup mulia dan dicintai orang banyak, ilmu yang ia miliki juga akan menghantarkan ia pada kehidupan yang damai dan tentram dengan Cinta Rabb-Nya. Wanita cerdas sadar bahwa kecantikan juga penting karena itu bagian dari sifat khuluqiyah dan kholqiyah.

wanita-cantik-dan-cerdas

Lalu bagaimana menjadi wanita cerdas yang nantinya kelak akan mejadi wanita cantik?

Pertama, ikhlas. Ada dua perbuatan mengikuti amal perbuatan. 1) niat, hal ini mudah, dan 2) ikhlas, dan ikhlas itu sulit. Niat menentukan diterimanya amal, sedangkan ikhlas menetukan kualitas amal. Wanita dalam menggapai kecerdasan harus dibarengi dengna keihklasan terhadap apa yang akan diketahui melalui ilmu yang dipelajari.

Dengan keihklasan wanita akan mengenal kesulitan hidup namun sekaligus mengangkat derajat hidupunya. Dengan iklash pula wanita akan berlatih menjadi sabar, sabar dalam setiap cobaan yang dihadapi (baca: ikhlas mencintai pasangan).

Kedua, menjauhkan diri dari sifat benar sendiri. Orang yang masih belajar adalah orang yang suka menyalahkan orang lain. Orang yang cerdas, adalah orang yang mendoakan orang lain jika orang lain itu keliru. Wanita cerdas berusaha mendapatkan ilmu dari orang yang bisa memberikan ilmu kepadanya.

Ketiga, mensucikan hati dan lisan dengan membaca al-Quran. Al-Quran adalah obat, bukan hanya obat fisik, tapi juga obat hati, dan penangkal kebodohan. Menjadi wanita cerdas, bukan hanya dengan menuntut ilmu sebanyak mungkin, tapi juga mempersiapkan wadah menampung ilmu yang suci dengan bacaan al-Quran.

Tiga cara menjadi wanita cerdas di atas semoga bisa mengispirasi muslimah untuk tampi bermasyarakat, menjadi wanita cantik dan cerdas sekaligus wanita idaman. Wanita baik, akan mendapatkan pasangan yang baik pula.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.