Wanita Berjilbab Tapi Bermain Gitar, Lalu ?

Seorang pelajar wanita menangis tersedu-sedu di sudut kelasnya, padahal hari masih pagi. Setelah mengusut lebih dalam, ternyata anak berjilbab ini sedih karena dilarang keras bermain gitar oleh orang tuanya. “Gitar tidak cocok untuk kamu, kamu kan memakai jilbab.” Demikian kata orangtuanya.

Bagaimana sih posisi wanita berjilbab tapi bermain gitar? Ini yang akan kita ulas dalam artikel ini. Ada tiga aspek yang akan kita lihat. Pertama, dari sisi hukum Islam, kedua, etika social, dan ketiga Prestasi.

Dalam Islam, musik yang salah satunya adalah dengan bermain gitar tidak dilarang. Bahkan pernah sekali, ketika Aisyah sangat bergembira, lalu melompat-lompat seperti lagi menari, istri Nabi saw yang lain mencoba menegurnya, tapi Nabi melarang. Biarkan dia menari, karena ini hari gembira. Sabda Nabi saw.

Argumen hadis lain juga mendukung, “Allah itu indah dan menyukai keindahan”. Musik jika mendatangkan keindahan, tidak mengundang mungkarat, memancing hawa nafsu, dan sesuai ajaran Syariat Islam, justru dianjurkan. Artinya, bermain gitar dalam rangka mendatangkan keindahan, menyambut kegembiraan, tidak dilarang dalam syariat Islam.

Lalu bagaimana wanita berjilbab tapi bermain gitar dari sisi etika sosial. Anggapan umum tentang wanita berjilbab tentu bersama dengan akhlak karimah, santun, dan alim. Wanita berjilbab harus meniscayakan itu, dan hal itu sudah menjadi etika umum yang dipahami masyarakat. Wanita berjilbab tak elok melakukan sesuatu yang memancing anggapan miring.

Seperti diketahui, bahwa gitar identik dengan artis (meski tak selamanya), sedangkan artis meski juga tak semua, identik dengan kehidupan glamour, hura-hura dan jauh dari etika sosial yang benar. Seorang wanita berjilbab tapi bermain gitar, akan menggiring pemikiran bahwa wanita itu suka hura-hura, dan glamour. Inilah hal utama, yang membuat anak dalam cerita tadi dilarang bermain gitar oleh orangtuanya.

Dari sisi prestasi, bermain gitar adalah lakon tidak semua orang mampu. wanita yang tidak berjilbab yang mahir bermain gitar saja masih jarang kita temukan, apalagi yang memakai jilbab. Sehingga peluang menorehkan prestasi bagi anak perempuan dalam hal keahlian bermain gitar sangat besar.

wanita berjilbab tapi bermain gitar

Sahabat muslimah Indonesia. Mari kita padukan ketiga aspek tadi, menjadi satu kesimpulan yang matang. Bagi admin, tak masalah, seorang wanita berjilbab tapi bermain gitar, asalkan menempatkan posisi itu pada hal yang tidak menanggalkan syariat. Musik yang dihasilkan bisa dalam bentuk musik islami, dan pastinya mendatangkan keindahan. Kalau hal itu masih sulit diterima lingkungan social, ada baiknya dikondisikan dulu, dengan bermain gitar pada waktu yang pas, misalnya saat acara keislaman, maulid dan lain-lain.

Semoga bermanfaat

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.

2 Responses

  1. author

    Kev1 year ago

    yah yah yah….kita harus berbangga ya,, tarnyeta di penghujung zaman ni islam maish di jadikan acuan utk mencari jodoh.namun.. kita juga gak kan suka kalau agama ini kita jadikan topeng utk menutup kepalsuan demi mencapai keinginan…toch kita semua masih tengah berjuang di tengah medan perang terdahsyat yg di akui rasulullah ini lebih dari perang badar.meski langkah tertatih…jatuh dan bangun…badan penuh luka dan bersimbah darah..namun badan yg kotor ini akan sampai di peradilan allah dengan luka dan darahnya…jika saja allah tak ampunkan,atau tanpa syafaat rasulullah…maka sudah pasti diri ini akan dilahap api naraka…nama ku zaky hanafi utk sekedar berbagi dan saling menasehati 082363607364

    Reply
  2. author

    Hamba Allah10 months ago

    Assalamualaikum.
    Tolong sertakan dalilnya,bahwa boleh bermain gitar. saya masih awam harus pake dalil.
    Hadits Riwayat Imam Ahmad:
    Sesungguhnya Allah mengutusku sebagai rahmat dan petunjuk bagi sekalian alam dan memerintahkan aku untuk menghapus mazamir (segala jenis seruling), kabarat (sejenis gitar),ma`azif dan patung yang disembah pada masa jahiliyah.

    Reply

Leave a Reply