Trik Jitu Agar Si Kecil Tidak Susah Bangun Pagi

Si kecil susah bangun pagi? Hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius terutama untuk para ibu muslimah. Pasalnya, kebiasaan susah bangun pagi ini bisa jadi akan terbawa hingga dewasa. Ibu muslimah tentu lebih khawatir jika anak susah bangun pagi. Mengapa? Tentu karena keluarga muslim memiliki masalah lain mengenai hal ini. Tak hanya masalah bersiap untuk berangkat ke sekolah saja, masalah susah bangun pagi juga berkaitan dengan kewajiban seorang muslim dan muslimah.

Ya. Ibu muslimah tentu perlu mengajak si kecil untuk sholat subuh. Maka dari itu, penting untuk menanamkan kebiasaan bangun pagi pada si kecil. Bagaimana caranya? Simak trik jitu agar si kecil tidak susah bangun pagi berikut ini:

  • Beri pengertian tentang apa itu tanggung jawab

Bagi muslim dan muslimah, bangun pagi adalah suatu kewajiban karena hsrus melakukan ibadah sholat subuh. Sebagai ibu muslimah yang baik, anda perlu menjelaskan pada anak mengenai hal ini sejak kecil, bisa juga dengan memberikan ilustrasi yang sedikit ‘menyeramkan’ jika ia tidak melakukannya. Dengan demikian, cepat atau lambat anak akan sadar akan tanggung jawabnya untuk bangun pagi.

  • Kenali waktu tidur anak

Waktu tidur yang sehat untuk manusia setiap harinya adalah sekitar 8 jam. Bisa dikatakan bahwa, semakin cepat kita tidur maka semakin cepat juga kita bisa bangun. Maka dari itu, ibu muslimah, penting untuk memantau waktu tidur anak, terutama di malam hari. Apakah ia kesulitan untuk tidur malam sehingga susah dibangunkan di pagi hari? Apa yang menjadi penyebabnya? Jika anak terlalu lama tidur siang dan menjadi tetap terjaga di malam hari, maka kurangi waktu tidur siangnya. Juga, hindari kafein dan makan berat sebelum tidur karena akan membuat si kecil susah tidur dan tidurnya pun menjadi kurang nyenyak.

  • Set alarm

Suara alarm yang berisik akan mengusik ketenangan tidurnya. Trik untuk ibu muslimah lakukan, jauhkan jam alarm dari tempat tidur anak, supaya anak tidak bisa dengan mudahnya mematikan alarm tersebut dalam posisi tidur. Jika jam terletak cukup jauh, maka mau tidak mau ia harus bangun untuk mematikannya.

  • Motivasi untuknya

Beri iming-iming hadiah jika si kecil berhasil rutin bangun pagi untuk waktu yang cukup lama, 1 minggu atau 1 bulan misalnya. Atau, buat janji dengannya untuk melakukan hal menyenangkan jika ia bisa bangun pagi di akhir pekan, seperti mengajaknya ke taman bermain atau ke tempat-tempat wisata lainnya.

Anak susah bangun pagi

Semua jadi lebih mudah setelah terbiasa. Begitu juga dengan kebiasaan bangun pagi. Jika si kecil sudah terbiasa, maka tanpa trik dan cara khusus pun si anak tetap akan bangun pagi juga. Meski demikian, terus pantau kebiasaan baik ini ya.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.