Tips Menghilangkan Rasa Bosan

Siapapun bias mengalami perasaan bosan, baik wanita maupun pria. Entah dari mana perasaan menjemukan ini. Banyak pakar psikologi menilai rasa bosan muncul karena kurangnya kemampuan memaknai setiap tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak memaknai berarti mengerjakan sesuatu tanpa kenikmatan yang dirasakan dalam pekerjaan itu.

Rasa bosan kerap hadir pada seorang yang pekerjaannya monoton. Ibu yang setiap hari, tiap minggu, sudah puluhan tahun, mencuci, masak, menyediakan makanan, dan seabrek pekerjaan monoton (itu-itu saja) akan mudah merasakan bosan, ditambah lagi jika pekerjaan itu tidak dibarengi rasa ikhlas, atau hanya coba-coba.

Ada beberap tips menghilangkan rasa bosan. Tips menghilangkan rasa bosan ini, sebenarnya hanya sebagai jawaban bagaimana cara agar pekerjaan itu dinikamti meski sifatnya kontinyu. Berikut ulasannya;

Pertama: lakukan semua pekerjaan dengan niat ibadah. Ini gampang tapi kerap dilupakan. Jangan katakan membaca buku, berbaring sembari mengucapkan asma Allah, bukan pekerjaan. Semua yang membutuhkan energi adalah pekerjaan, dan tidak ada suatupun dalam kehidupan yang tak butuh energi. Pekerjaan apapun, lebih dahulu diawali dengan niat ibadah. Menyerahkan diri dengan dari apa yang dikerjakan dan mengharapkan rahmat dan ridhaNya.

Kedua: menikmati pekerjaan. Pekerjaan apapun akan terasa nikmat, apabila disadari kalau pekerjaan itu membawa manfaat. Selain itu, pekerjaan akan mudah dinikmati jika dalam pekerjaan itu ada harapan di balik keberhasilannya.

Saat anda menyapu, membersihkan rumah, hadirkan harapan kalau hal itu akan membuat orang lain senang, karena semua orang suka akan kebersihan.

Ketiga: membiasakan hal-hal baru. Membiasakan hal baru untuk tujuan menghilangkan rasa bosan ada beragam cara, misalnya; merubah tata letak dan setting ruangan, mengganti cat tembok, mengganti pakaian sehari-hari, atau hal lain yang bisa menghilangkan kesan monoton.

Keempat: mengerjakan dua pekerjaan sekaligus. Cara ini juga ampuh menghilangkan rasa bosan. Hanya saja, diupayakan untuk pekerjaan yang ringan-ringan saja, karena jangan sampai tidak mendapatkan hasil maksimal. Contoh; mengepel lantai sambil bersenandung, masak sambil menggosok sekitar dapur, dan hal lain yang bisa dikerjakan bersamaan.

Empat tips menghilangkan rasa bosan tadi, intinya adalah bagaimana memanage sesuatu yang dikerjakan, sehingga tidak menjemukan. Dengan perubahan dan tips tersebut, diharapkan akan membuat suasana baru dan menghilangkan rasa bosan.

Semoga bermanfaat.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.