Tips Diet Cepat Muslimah

Semua di mata Tuhan, wanita itu cantik. Cantik itu relatif di mata manusia. Terkadang ada yang mengatakan wanita ini cantik, ada juga yang mengatakan wanita ini tidak cantik. Namun, dari prinsip dan definisi kecantikan yang beragam, ada beberapa hal standar, seperti tubuh langsing. Olehnya, banyak wanita ingin tampil langsing dengan keinginan sendiri maupun keinginan suaminya. Bergeraklah mereka para wanita itu, berbondong melakukan diet untuk mendapatkan postur tubuh yang dianggap ideal (baca: menjadi wanita cantik dan cerdas).

Perlu dipahami bahwa sebenarnya diet tidak hanya dilakukan sekedar untuk mendapatkan postur tubuh ideal. Diet adalah mengatur pola makan untuk menjaga kesehatan. Postur tubuh ideal inilah yang menjadi salah satu ciri tubuh yang sehat. Tubuh yang terlalu kurus maupun tubuh yang terlalu gemuk kedua-duanya merupakan faktor resiko terjadinya penyakit.

Sebelum diet, wanita sebaiknya mengetahui rumus tubuh ideal terlebih dahulu. Perhatikan rumus berikut;

IMT=BB (kg)/TB x TB (m) dimana IMT adalah Indeks Massa Tubuh. IMT normal adalah antara 18-25. Seseorang dikatakan kurus bila IMT kurang dari 18 dan gemuk bila IMT lebih dari 25. Bila IMT lebih dari 30, orang tersebut menderita obesitas dan perlu diwaspadai. BB adalah berat badan, dan TB adalah tinggi badan.

Misalnya, seorang wanita dengan berat badan=58 kg dan tinggi badan (TB)=161 cm=1,61 m, maka IMT=58/1,61 x 1,61=22,37. IMT wanita itu masih dalam kondisi normal.

Sedangkan untuk mengetahui berat badan ideal, dapat digunakan rumus Brocca sebagai berikut, BB Ideal=(TB-100)-10% (TB-100). Batas ambang yang diperbolehkan adalah 10%. Bila lebih dari 10% maka termasuk kegemukan dan bila di atas 20% maka sudah terjadi obesitas.

Dalam contoh, seorang wanita dengan TB=161 cm, BB=58 kg, BB ideal=(161-100)-10% (161-100)=61-6,1=54,9 (55 kg). BB 58 kg masih dalam batas 10%.

Tips-menurunkan-berat-badanAda beberapa macam tips diet cepat dan dapat ditemukan di internet. Hal paling mendasar adalah mengubah perilaku mengkonsumsi makanan dan membatasi jumlah makanan.

Pertama, makanlah dengan santai sehingga membuat tubuh memiliki waktu untuk memproses makanan secara maksimal. Makan dilakukan dengan serius. Dimaksudkan agar porsi teratur dan terkontrol dengan baik.

Tips diet cepat kedua, adalah menghindari makanan yang banyak mengandung lemak jenuh misalnya santan, jeroan dan gorengan, serta memperbanyak buah dan sayur. Karena selain mengenyangkan dan membuat tidak cepat lapar, buah dan sayur dapat memperlancar proses pembuangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Ketiga, Berolahraga secara teratur. Tujuannya agar lemak cepat dibakar dan mengatur peredaran darah dengan cepat.

Keempat, rajinlah berpuasa. Puasa senin kamis selain bermanfaat bagi kesehatan, juga membantu diet berjalan dengan cepat.

Sahabat muslimah, penting pula untuk diketahui, bahwa jika ada kesalahan pada proses diet yang Anda lakukan, maka akan kelihatan dari gejala tubuh misalnya, jika sering merasa mual, pusing dan gangguan pencernaan yang berujung pada bau napas tak sedap, berarti kekurangan karbohidrat. Demikian pula saat kekurangan lemak, tubuh akan terasa mudah capek, lesu dan tak bergairah.

Semoga tips diet cepat ini manjur bagi Anda. Lakukan dengan baik. Semoga bermanfaat

Rate this article!
Tips Diet Cepat Muslimah,3 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.