Tips Agar Anak Tidak Jajan Sembarangan

Dalam memilih makanan apa saja yang dikonsumsi anak, sebagai orang tua tidak boleh membiasakan anak untuk jajan sembarangan. Banyak penjaja yang menjual berbagai jenis makanan yang mampu menarik perhatian anak, bahkan tidak jarang makanan tersebut membuat mereka menjadi ketagihan.

Makanan yang dijual ditempat umum cenderung menjual makanan yang tidak sehat. masih banyak penjaja yang menjual makanannya masih kurang memenuhi syarat karena masalah higienitas, penggunaan bahan berbahaya, penggunaan bahan makanan tambahan berlebih dan masih banyak lagi.

Beberapa tips yang dapat dilakukan agar anak tidak jajan sembarangan, diantaranya :

Biasakan sarapan sebelum berangkat sekolah

Anak yang terbiasa sarapan sebelum berangkat sekolah akan cenderung mengurangi jajan sembarangan, karena mereka masih merasa kenyang ketika sampai disekolah, bahkan sampai pelajaran sekolah dimulai

Membawa bekal dari rumah

Untuk menghindari anak jajan sembarangan adalah dengan membawakan bekal makanan dari rumah untuk disantap disekolah ketika jam istirahat. Berikan anak kebebasan dalam memilih makanan apa yang diinginkan sebagai bekal yang akan dibawa ke sekolah.

Alihkan perhatian

Ketika ingin jajan, anak-anak memaksa dan tidak dapat dilarang begitu saja. Tetapi cobalah dengan mengalihkan perhatian mereka ke arah lainnya. Misalnya, mereka harus menghabiskan makanan mereka sebelum mereka jajan. Atau mungkin dengan mangalihkan perhatian mereka ke permainan yang seru.

Buat makanan ringan sendiri dirumah

Anak yang suka jajan, terkadang disebabkan karena dirumah tidak ada cemilan ataupun makanan ringan untuk mereka. yang mereka temukan adalah nasi dan lauk yang biasanya dimakan untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Membuatkan makanan ringan bagi mereka, selain mengajarkan anak hidup hemat, pun akan membuat mereka lambat laun melupakan untuk jajan diluar.

Mengajak anak membuat makanan ringan

Membuat makanan ringan bersama anak, akan mampu mengalihkan keinginan anak untuk jajan sembarangan. Buat makanan ya disukai oleh anak, dengan begitu mereka akan memiliki semangat untuk menyantapnya.

agar anak tidak jajan sembarangan

Arahkan tempat makan yang menarik bagi mereka

Boleh sekali-kali mengajak anak jajan, tetapi berikan arahn kemana mengajak mereka jajan atau membeli makanan diluar. Pastikan tempat dimana membeli makanan tersebut terjamin kebersihan makanannya.

Berikan contoh tidak suka jajan di luar

Sebagai orang tua yang merupakan panutan pertama bagi anak, sebaiknya membiasakan diri untuk tidak membeli makanan sembarangan diluar. Membiasakan makan makanan yang ada dirumah. Dengan begitu, anak akan melhat contoh nyata, tidak hanya sekedar nasehat tanpa contoh nyata.

Kesehatan merupakan bagian penting, apalagi kesehatan anak yang merupakan kebahagiaan orang tua. Oleh karena itu, Ibu Muslimah, untuk menjaga kesehatan anak melalui makanan adalah dengan menghindarkan anak dari jajan sembarangan.

Lalu, bagaimana cara menghindarkan dari hal tersebut sedangkan penjaja makanan tersedian dimana saja, apalagi disekolah? Sederhana, dengan membiasakan sarapan bagi anak dan membawakan bekal makanan kepada mereka.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.

One Response

  1. Tips Agar Anak Tidak Jajan Sembarangan - Tvmuh2 years ago

    […] Muslimah Indonesia ยป Pendidikan Anak […]

    Reply

Leave a Reply