Tips Agar Anak Suka Makan Sayur

Sayuran memiliki peranan penting dalam memberikan asupan vitamin dan gizi kepada perkembangan anak. tetapi tidak semua anak menyukai sayuran tersebut. Sebagian dari mereka lebih menyukai makanan yang tidak berhubungan dengan sayuran.

Betapa sulitnya anak makan sayur. Hal ini dirasakan hampir semua ibu di rumah. Namun, walaupun anak tidak suka makan sayur, bukan berarti para IbuĀ  tidak dapat memberikan makanan yang berasal dari sayuran kepada anak-anak. beberapa tips agar anak suka makan sayur, diantaranya :

Memperkenalkan sejak dini

Terkadang yang membuat anak tidak suka makan sayur adalah karena mereka tidak mengenal jenis sayuran tersebut dan masih asing rasanya bagi mereka. oleh karena itu, memperkenalkan sejak dini tentang berbagai jenis sayuran dalam berbagai bentuk masakan dapat merupakan langkah awal untuk dapat membuat anak menjadi suka makan sayur

Menghidangkan dalam bentuk menarik

Anak-anak cenderung menyukai sesuatu karena tampilan visualnya. Oleh karena itu, dengan memberikan bentuk makanan yang dihidangkan. Atau mungkin makan dengan cara yang unik. Menyediakan tumis kangkung dan nasi, yang kemudian cara memakannya tidak menggunakan sendok melainkan menggunakan sumpit. Hal ini akan sedikit membuyarkan konsentrasi anak akan ketidaksukaan terhadap sayuran dan akan berganti dengan rasa senang karena makan dengan cara baru

Mengajak anak memasak sayuran bersama

Proses memaksa bersama yang dilakukan ibu dan anak akan membuat anak menjadi tidak sabar akan seperti apan masakan yang sudah dibuatnya bersama ibunya.

picupacu.com

picupacu.com

Memberikan contoh kepada anak

Jika menginginkan anak-anak menyukai sayuran, maka sebagai orang tua juga harus mampu memberikan contoh. Orang tua harus menyukai sayuran juga. karena apa yang dimakan orang tuanya, akan membuat anak juga menginginkan apa yang dimakan orang tuanya.

Sabar dalam mengenalkan masakan sayuran

Terkadang mengenalkan anak kepada sayuran tidak selalu mudah. Oleh karena itu, jika dalam awal percobaan awal belum berhasil membuat anak menyukai sayuran, cobalah beberapa waktu kemudian. Mungkin dengan jenis masakan lain.

Membuat makanan ringan yang berasal dari sayur dan mengkonsumsinya dengan sedikit bermain

Anak-anak lebih suka bermain. Oleh karena itu, dengan cara bermain pun, orang tua dapat memperkenalkan sayuran kepada anak. dengan membuat makanan ringan yang berasal dari sayuran. Kemudian membuat permainan kecil dan makanan ringan tersebut ada dalam permainan tersebut. Cukup menarik, bukan?

Hindari junk food

Junk food menjadi salah satu penghambat utama yang menyebabkan anak menjadi tidak menyukai sayuran. Oleh sebab itu, hindari junk food dari anak dan keluarga.

Bagi para Ibu Muslimah, mengatasi anak agar suka makan sayur bukan lagi menjadi hal yang harus ditakutkan bagaimana solusinya. Sebagai Ibu, membuat jenis makanan yang unik dari bahan sayuran dapat memberikan rasa penasaran yang berbeda dari anak terhadap masakan tersebut. Sayuran memiliki peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral untuk anak.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.