Tips Agar Anak Rajin Shalat Lima Waktu

Sahabat muslimah Indonesia, para orang tua, pastinya sudah tahu jikalau shalat lima waktu merupakan wajib hukumnya bagi setiap umat muslim. Anak yang sudah menginjak usia dewasa atau balig sudah tentu diwajibkan untuk melakukan shalat lima waktu. Namun akan susah nantinya, jika sedari sejak kecil mereka belum sama sekali diajari tentang shalat lima waktu.

Berikut ini beberapa tips agar anak bisa untuk rajin shalat lima waktu, diantaranya yaitu:

Berilah pemaham terlebih dahulu akan pentingnya shalat waktu dan jangan segan berikan pujian ketika anak mau melakukan shalat. Ini bisa dilakukan dengan menceritakan teladan Nabi dan Rasul, kepada anak sebelum tidur.

Membiasakan anak untuk mengikuti kita shalat lima waktu. Para ibu muslimah sebaiknya mengajarkan dan mengajak anak untuk mulai belajar shalat dari sejak usia yang masih dini, agar si anak bisa cepat mengerti tentang shalat. Maka tentu saja anak akan tertarik serta akan mengikuti apa yang akan dilakukan oleh ibunda dan ayahandanya nantinya, karena kebanyakan anak selalu mencontoh apa saja yang dilalukan oleh kedua orang tuanya.

Maka dari itu, biasakanlah shalat berjamaah dengan keluarga jika sempat.Karena sering dan mengikuti melihat ayah dan bundanya untuk sholat lima waktu, maka anak juga akan terbiasa sendiri nantinya untuk ikut sholat tanpa harus diperintah nantinya. Oleh sebab itu, hendaknya sebagai orang tua yang muslim dan baik janganlah untuk melupakan atau sengaja tidak melakukan shalat lima waktu, karena bisa berdampak negatif bagi putera puterinya juga.

Mengenalkan peralatan dan pakaian untuk sholat seperti mukena untuk anak perempuan, sarung dan peci untuk anak lelaki. Pakaian dan peralatan shalat untuk anak sekarang lebih banyak, lucu, dan bervariasi, anak pun akan tertarik pastinya untuk menggunakannya sehingga mereka bisa lebih rajin melakukan shalatnya.

Sering mengajak anak untuk shalat di masjid, apa lagi untuk anak lelaki yang kelak menjadi imam dalam keluarga. Dengan seringnya mengajak sholat lima waktu di masjid, anak akan belajar mengenal akan pentingnya shalat lima waktu.

Agar anak rajin Shalat

Yang tidak kalah pentingnya adalah mengajarkan anak untuk mengaji dan belajar bacaan shalat sejak dari kecil setiap harinya mumpung masih yang memiliki ingatan bagus untuk mengingat. Dari hasil pelajaran mengaji inilah kemudian diajak untuk diterapkan dalam shalat mereka.

Sekarang ini media atau buku yang digunakan untuk mengajarkan anak shalat dan mengaji ada beraneka ragam dan ditujukkan agar anak tertarik untuk mempelajarinya. Para orang tua bisa menggunakannya untuk menarik perhatian anaknya agar mereka tertarik dan tidak bosan untuk belajar shalat.

Terakhir, penting juga untuk mengirim anak untuk belajar ke TPA setiap sore hari, karena disana selain mengaji juga diajarkan tata cara untuk beribadah sholat. Anak pun juga akan senang mengikuti pastinya karena akan banyak teman-teman sebaya mereka yang juga sama-sama belajar tentang sholat dan mengaji.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.

One Response

  1. Tips Agar Anak Rajin Shalat Lima Waktu - Tvmuh2 years ago

    […] Muslimah Indonesia ยป Pendidikan Anak […]

    Reply

Leave a Reply