Tips Agar Anak Rajin Menabung

“Menabung hendaknya sudah diajarkan dari sejak mulai masih dini”, itulah kalimat yang dianjurkan kepada setiap orang tua untuk diajarkan kepada anak mereka nantinya. Hal tersebut bertujian agar ketika tumbuh dewasa kelak, anak tersebut bisa menjadi pribadi yang disiplin, mandiri, hemat, dan cermat dalam mengatur dan menggunakan keuangan. Namun, terkadang sangat susah untuk mengajari anak untuk mulai menabung atau mungkin masih bingung bagaimana caranya agar mereka mau menabung (baca: agar anak hidup hemat).

Berikut ini adalah beberapa tips agar anak rajin menabung, diantaranya yaitu:

Pertama: Mulailah untuk membiasakan anak untuk bisa menyisihkan uang jajan mereka. Belikanlah mereka celengan untuk di isi sisa dari uang jajan mereka yang masih disisihkan, sekarang ini banyak celengan yang tersedia dalam berbagai bentuk dan desain yang bisa menarik perhatian anak tentunya. Oleh sebab itu, pilihlah celengan yang sekiranya disukai anak anda, seperti misalnya celengan dengan tokoh kartun favorit anak.

Agar anak juga senang menabung nantinya. Alangkan baiknya sebagai contohnya para orang tua juga membeli sebuah celengan dan lalu mencontohkan untuk menabung, jikalau bisa setiap harinya. Jika anak sering melihat orang tuanya suka menabung, maka mereka tidak akan segan juga untuk melakukannya.

Kedua: Jelaskanlah keuntungan dari pada menabung itu sendiri. Seperti misalnya dengan menabung maka anak bisa belajar untuk hemat dan dapat menggunakan tabungan untuk keperluan yang lebih penting seperti contohnya untuk membeli buku atau peralatan sekolah mereka sendiri nantinya atau mungkin bisa menggunakan dengan iming-iming untuk membeli mainan yang lebih bagus pada akhirnya.

Ketiga: Jangan terlalu sering jajan atau makan di luar. Mengajarkan agar anak bisa rajin menabung juga harus dimulai dari orang tua itu sendiri. Jika sang orang tua suka jajan atau makan diluar maka anak pun tidak akan segan-segan untuk mengikuti dan sembarangan menggunakan uang jajan mereka, sehingga tidak ada yang bisa disisihkan untuk ditabung nantinya.

Keempat: Untuk para orang tua sebaiknya juga jangan terlalu sering mengajak anak untuk pergi dan berbelanja di pusat perbelanjaan atau mall karena itu merupakan gaya hidup boros dan bertentangan dengan ajaran menabung agar bisa berhemat.

agar anak rajin menabungKelima: Membuka tabungan di bank untuk anak. Sekarang ini sudah banyak sekali bank yang menyediakan tabungan sendiri khusus untuk anak yang akan mulai menabung, terkadang juga akan disediakan hadiah atau merchandise menarik agar anak tertarik untuk menabung. Dengan begitu anak akan lebih mengenal dan belajar tentang tabungan dan bank. Saat dewasa nantinya mereka sudah mengetahui dan tidak akan kaget jika akan memulai tabungan di bank.

Sahabat muslimah Indonesia, tips agar anak rajin menabung tersebut, tentu bisa menjadi bahan referensi bagi anak. Dan yang terpenting, adalah membiasakan melakukan hal itu. semoga bermanfaat.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.

One Response

  1. Tips Agar Anak Rajin Menabung - Tvmuh2 years ago

    […] Muslimah Indonesia » Pendidikan Anak […]

    Reply

Leave a Reply