Tips Agar Anak Rajin Membaca al-Quran

Bagi para ibu muslimah mengenalkan al-Quran kepada anak agar kelak mencintainya adalah salah satu cara untuk memperkenalkan agama. Tentunya hal itu akan menambah kebanggaan bagi para ibu muslimah ketika anaknya menjadi rajin membaca al-Quran. untuk itulah berikut di bawah ini akan dibeberapa tips agar anak rajin membaca al-Quran:

Membacakan alQuran di Depannya

Bisa karena terbiasa, itulah pepatah yang banyak dijadikan pegangangan oleh banyak orang. Para ibu muslimah tentu menginginkan anaknya menjadi sholeh sholehah. Untuk itu membacakan al-Quran di depan anak menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan. Melakukannya pun juga harus secara rutin. Layaknya bahasa Indonesia yang dipakai sehari-hari, apabila anak sering dibacakan di hadapannya, ia akan merasa terbiasa. Dengan begitu, sedikit demi sedikit ia pun juga akan mulai menyukainya.

Menceritakan kisah yang Ada di Dalam al-Quran

Untuk para ibu muslimah yang menginginkan anaknya rajin membaca al-Quran dapat memulainya dengan bercerita. Cerita teladan yang ada di dalam al-Quran pun juga bisa menginspirasi anak. Sehingga, mereka akan menjadi penasaran untuk mengetahuinya lebih lanjut. Hal ini lebih dikarenakan kepada anak yang menyukai akan berbagai macam cerita. Jangan lupa para ibu muslimah juga harus membatasi cerita yang ada. Cerita tersebut harus sesuai dan yang ada di dalam al-Quran. Tunjukkan cerita tersebut yang ada di dalam al-Quran agar anak juga bisa membacanya secara langsung. Dengan begitu, ia akan mulai tertarik untuk membaca al-Quran.

Berikan Hadiah

Selain cara yang disebutkan di atas, para ibu msullimah juga bisa membuat kesepakatan dengan si kecil. misalnya apabila anak dapat menyelesaikan bacaan al-Quran beberapa halaman dalam beberapa waktu, maka akan diberikan hadiah yang diminta. Hadiah akan menjadi motivasi tersendiri bagi anak, sehingga mereka akan bersemangat untuk melakukannya. akan tetapi, yang harus diingat adalah jangan terlalu sering melibatkan haidah agar anak melakukan sesuatu. Hal itu dapat dilakukan dalam beberapa kali saja. Dengan demikian anak juga tidak akan tergantung pada hadiah dan dapat melakukannya dengan senang hati.

ramadhan.republika.co.id

ramadhan.republika.co.id

Biasakan al-Quran menjadi Temannya

Untuk para ibu muslimah dapat membiasakan anaknya untuk berteman dengan al-Quran. Misalnya saja dengan membawakannya juz amma ketika akan bepergian kemanapun. Ajarkan juga untuk selalu membacanya ketika merasa tegang atau takut. Karena dengan melakukannya hati akan merasa tenang. Jika hal itu dibiasakan dari kecil, maka ia akan terbiasa untuk membacanya dimanapun ia berada.

Itulah beberapa cara bagi para ibu muslimah yang ingin mengajarkan anak mereka kenal dengan al-Quran. Lakukan hal tersebut dengan rutin dan konsisten. Jangan lupa juga untuk mengawasi atau mendampingi mereka ketika membaca al-Quran.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.

One Response

  1. Tips Agar Anak Rajin Membaca al-Quran - Tvmuh2 years ago

    […] Muslimah Indonesia ยป Pendidikan Anak […]

    Reply

Leave a Reply