Tidur Seorang Muslimah Agar Tetap Cantik

Masya Allah, tidak ada suatu agamapun yang mengatur secara global perilau pengikutnya, kecuali Islam. Makan, minum, bahkan tidur. Aturan itu terkadang dianggap sebagai pembatas, tapi tidak disadari bahwa dibalik hikmah pengaturan itu adalah demi kebaikan pelakunya sendiri.

Salah satu aturan yang diatur dalam Islam adalah tidur. Bagi muslimah, tidur adalah saat yang sangat penting. Tidur adalah istirahat untuk mengumpulkan kembali tenaga setelah terkuras keseharian. Tidur seorang muslimah, juga bisa menjadi sarana agar menjadi lebih cantik.

Lalu bagaimana tidur seorang muslimah agar tetap cantik, dan bagaimana adab-adabnya? Itulah yang akan kita bahas dalam tulisan singkat ini;

Pertama: tidur malam selepas melakukan shalat Isya “Bahwasanya Rasulullah saw membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” Sabda Nabi saw yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Tidur yang tidak terlalu malam (setelah shalat Isya), ternyata sejalan dengan anjuran kedokteran. Penelitian terakhir di Jepang menemukan bahwa tidur terlalu malam mengambil waktu detok pada hati, sedangkan detok hati akan berfungsi saat kita tertidur.

Kedua: Tidur dalam keadaan sudah berwudhu, “Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat.” Sabda Nabi saw yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Segarnya air wudhu sedikit banyaknya akan membuat kulit lebih refleks, lepas dari ketegangan pikiran, mengurangi kerutan dan terliahat lebih muda.

Ketiga: posisi tidur di atas sisi sebelah kanan atau rusuk kanan sebagai tumpuan. “Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu.” Sabda nabi saw yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Untuk posisi tidur ini juga tidak dibenarkan telungkup dengan posisi perut sebagai tumpuannya baik ketika tidur malam atau pun tidur siang. “Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah swt.” Sabda Nabi saw yang diriwayatkan oleh Abu Dawud.

Demikan tiga cara tidur seorang muslimah sesuai adab dan aturan agama. Terlebih lagi aturan tadi dapat membuat muslimah semakin cantik. Tentu masih ada adab tidur yang lain, dan bisa ditemukan pada tulsian lainnya untuk menambah khazanah pengetahuan kita.

Semoga tips ini bermanfaat dan selamat mencoba

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.