Penyebab Doa Muslimah yang Tidak Terkabul

Seorang muslimah pernah menumpahkan curahan hatinya dengan tumpahan rasa dan tetesan air mata. Dia tak kuasa melihat suaminya berada di jalan yang tidak benar, dan tidak melaksanakan perintah Allah swt, seperti shalat, puasa, dll.

“Aku sudah berdoa siang dan malam, bahkan diringi dengan tahajjud ukhti, tapi kenapa suami saya masih seperti itu”. Katanya.

Saya terdiam dan merasakan ada yang salah dari ungkapan itu. Mungkin saja usaha dari saudari kita itu belum cukup untuk membuat suaminya sadar, atau bisa jadi doanya yang belum terkabul. Terkait dengan doa muslimah yang tidak terkabul, ada beberapa prinsip yang wajib dipahami.

Pertama: Kurang Khusyu dalam berdoa. “Berdokisah inspiratif muslimah_1alah kepada Rabbmu dengan berendah diri dan suara yang lembut.” (Q.S. al-A’raf: 55). Khusyu terkait dengan keihklasan, semakin ikhlas seorang pendoa, maka semakin dekat dia dengan kekhusyuan.

Kedua: berdoa harus dibarengi dengan keyakinan. Siapa yang berdoa, harus yakin bahwa Allah adalah tempat meminta dan Dia maha Mengabulkan. Doa orang yang yakin akan jauh dari rasa putus asa jika melihat kenyataan masih jauh dari harapan apa yang dimintanya.

Ketiga: penyebab doa muslimah yang tidak terkabul adalah karena harapan yang instant, sehingga membautnya tergesa-gesa dalam berdoa. Terkadang pula, muslimah hanya berdoa kala ditimpa sesuatu yang di luar harapannya. “Doa yang dipanjatkan seseorang di antara kalian akan dikabulkan selama dia tidak tergesa-gesa. Dirinya berkata, ‘Aku telah berdoa namun tidak juga terkabul.”

Keempat: tidak memahami terkabulnya doa. Bahwa pengabulan Tuhan atas soa itu pasti, tapi bentuk pastinya adalah yang paling baik untuk pendoa. Misalnya, seorang muslimah meminta suaminya sadar, namun suaminya tidak berubah, maka perlu dipahami bahwa sikap suaminya itulah yang terbaik dari Allah swt untuknya.

Sebenarnya, masih banyak penyebab doa muslimah yang tidak terkabul berdasarkan hadis Nabi dan penafsiran ulama terdahulu. Tiga hal tadi cukuplah menjadi pertimbangan dan bahan intropeksi bagi kita semua.

Semoga bermanfaat.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.

One Response

  1. Ini 4 Penyebab Doa Seorang Muslimah Tidak Terkabul | Inspirasi Muslimah3 months ago

    […] Sumber : muslimah-id.com […]

    Reply

Leave a Reply