Muslimah Ngidam; Ini Solusinya !

Ngidam, kata familiar di lingkungan muslimah terutama yang hamil dengan masa kehamilan masih muda. Dalam bahasan Arab, Ngidam diistilahkan dengan al-Wahmu yang diartikan sebagai sesuatu yang diinginkan wanita hamil. Keinginan wanita yang ngidam terkadang dianggap sebagai masalah karena keinginan itu berlebihan dan bahkan di luar nalar.

Ada banyak anggapan mengenai wanita ngidam. Ada yang benar dan ada pula yang keliru. Salah satu yang keliru adalah jika keinginan wanita ngidam tidak dipenuhi maka nantinya akan keluar bentuk tertentu dari badan anak yang dilahirkan sesuai dengan yang diinginkan ibunya.

Namun demikan, memenuhi keinginan wanita ngidam juga bukan perbuatan yang keliru, karena bisa saja terkait dengan rasa kasih sayang, cinta suami terhadap istrinya, apalagi kaidah yang menyebutkan bahwa menolak dampak buruk itu lebih diutamakan dari pada mewujudkan satu kemaslahatan.

Kasus ngidam yang terjadi pada wanita hamil ini telah membingungkan ahli medis. Ada berbagai macam komentar dan pendapat yang mereka sampaikan. Mereka kesulitan memahami fenomena semacam ini. Ada sebagian pakar kedokteran yang mnyebutkan bahwa diantara terapi yang mungkin bisa dilakukan adalah menghindari terlalu banyak berpikir atau menginginkan sesuatu.

Ada banyak cara mengatasi ngidam, terutama bagi suami. Pertama; tingkatkan kebersamaan, komunikasi, dan canda gurau terhadap istri. Kedua; wanita sebaiknya rajin membaca al-Quran atau meningkatkan rutinitas membaca al-Quran lebih dari biasanya. Ketiga; kurangi beban pikiran, dan biasakan mengkonsumsi makanan berzat hijau.

Tiada masalah tanpa ada solusi. Demikian pula ngidam, jika dianggap sebagai masalah pasti ada solusi. Suamilah yang paling mengetahui masalah itu, dan kemampuan mencari solusinya. Solusi menghadapi wanita ngidam tadi, tentunya bersifat umum saja. Banyak solusi lain, yang belum diungkap di sini.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.