Menyesuaikan Jilbab dengan Bentuk Wajah

Sahabat Muslimah, model jilbab semakin lama semakin bervariasi. Tapi bagaimanapun model jilbab itu, maka patokan utamnay adalah bentuk wajah. Menyesuaikan jilbab dengan bentuk wajah adalah kuncinya. Ada beberapa bentuk wajah, tak sebanding dengan jumlah model jilbab. Model jilbab lebih banyak. Namun, model jilbab itulah yang harus mengikuti betuk wajah.

Pandai menyesuaikan jilbab dengan bentuk wajah menjadi penting terutama bagi muslimah pemula. Terkadang mereka mengulur waktu memakai jilbab, hanya merasa tidak cocok dengan bentuk wajahnya. Sibuk memilih corak dan motif jilbab, padahal masalah utamanya ada pada bentuk wajahnya.

Demikian pula bagi para muslimah yang suka tampil modis dengan jilbab. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampau. Sambil menjalankan syariat dengan jilbab, sekaligus tampil cantik dan percaya diri (baca: hijab dalam syariat Islam). Tak perlu kehilangan percaya diri karena bentuk wajah sedikit berbeda. Anda tetap cantik dengan Jilbab, apapun bentuk wajah. Berikut tips menyesuaikan jilbab dengan bentuk wajah.

Pertama, wajah wanita dengan pipi tembem

Muslimah dengan pipi tembem adalah anugerah. Kelihatan sehat kok, sejahtera. Untuk menyesuaikan jilbab wanita yang memiliki pipi tembem, caranya adalah dengan memakai inner yang menutupi hingga bawah telinga, salah satunya dengan inner berbentuk topi yang dipakai hingga bawah telinga. Model jilbab inilah sekaligus akan menutupi sebagian sisi atas pipi, sebaiknya juga menekankan shadding pada area pipi.

jilbab-dengan-wajah-pipi-tembem

Kedua, wajah muslimah dengan dahi lebar

Kalau di kampung penulis wajah dengan dahi lebar, diistilahkan dengan “ceddunk”. Hampir sama dengan pemilik wajah dengan pipi tembem. Gunakan inner yang menutup dahi. Bisa dimodifikasi dengan bentuk setengah inner, dengan menyilang sampai pertengahan dahi. Gunakan dengan memilih ciput dengan aksen silang yang membuat dahi terlihat lebih kecil.

jilbab-dengan-wajah-dahi-lebar

Ketiga, menyesuaikan jilbab dengan bentuk wajah bulat

Bagi muslimah yang berwajah bulat, sebaiknya menggunakan inner berbentuk topi agar bisa menutupi sebagian pipi supaya wajah terlihat lebih panjang atau lonjong. (baca: jilbab untuk wajah bulat). Sebisa mungkin menghindari pemakaian ciput atau inner yang ketat dan menutupi dahi serta lebih menonjolkan pipi, itu membuat wajah terlihat semakin bulat, dan tidak elok.

jilbab- dengan-wajah-bulat

Keempat, wanita dengan bentuk wajah lonjong

Wanita dengan wajah lonjong atau panjang, akan terkesan kurus. Akan kelihatan ganjil jika bentuk tubuh pendek dan gemuk. Tapi jangan khawatir, itu bisa disesuaikan dengan menggunakan jilbab model turkish hijab. Bisa juga dengan menggunakan menambah variasi di bagian atas seperti gaya turban.

jilbab-dengan-wajah-lonjong

Kelima, jilbab untuk wajah segitiga

Untuk wanita dengan bentuk wajah segitiga, disarankan menggunakan jilbab yang longgar. Tutup sebagian sisi dahi untuk meminimalkan lebar dahi dan ini akan membuat wajah berbentuk berlian.

jilbab-dengan-wajah-segitiga

Keenam, jilbab untuk bentuk wajah persegi

Rahasia wanita untuk tampil cantik dengan jilbab tapi memiliki wajah persegi adalah dengan menggunakan jilbab yang menutup dagu, kedua sisi rahang, dan bagian dahi. Tujuannya, tiada lain untuk menimbulkan kesan menampilkan wajah lebih bulat atau oval. Disarankan tidak menggunakan jilbab berbentuk segitiga menjorok keatas.

jilbab-dengan-wajah-persegi

Ketujuh, menyesuaikan jilbab dengan bentuk wajah oval

Untuk wanita dengna bentuk wajah oval, merupakan wajab yang paling bisa menyesuaikan. Wanita dengan bentuk wajah oval bisa menggunakan jilbab dengan model apa saja, tanpa perlu khawatir karena semua gaya hijab yang dikenakan akan terlihat pas. Tinggal menyesuaikan dengan busana yang dipakai, baik dari segi warna dan motif.

jilbab-dengan-wajah-oval

Nah, mudah bukan? Tak ada yang salah dari bentuk wajah. Di baliknya ada hikmah. Bentuk wajah apapun adalah nikmat dan anugerah dari yang Maha Kuasa. Untuk tampil menyesuaikan diri, semua bisa divariasikan, dimodifikasi dengan baik.

Selamat berjilbab syar’iy sekaligus tampil percaya diri …

Sumber gambar: biutifa.com_

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.