Menjadi Muslimah yang Ikhlas Memang Tidak Mudah

Ikhlas adalah melakukan sesuatu tanpa mengharap sedikitpun kecuali keridhaan Allah swt sebagai pencipta. Muslimah yang ikhlas adalah muslimah yang menyadari hakikat dan tujuan diciptakan manusia ke dunia ini. Dengan pemaham itu, maka akan mudah beribadah hanya mengharap ridha Allah swt. Bahwa jin dan manusia diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah swt. (Adz Dzariyat ayat 56).

Selain niat, ikhlas harus teriring dalam setiap amalan dan ibadah muslimah. Menjadi muslimah yang ikhlas adalah penyandaran kebutuhan terhadap Allah baik hati maupun jiwa, sekaligus tempat memohon pertolongan dan perlindungan. Di samping itu, ikhlas merupakan salah satu syarat diterimanya amal seorang muslimah.

“Bagaimana pendapatmu tentang seseorang yang berperang untuk mendapatkan upah dan pujian? Apakah ia mendapatkan pahala?” Rasululllah saw menjawab, “Ia tidak mendapatkan apa-apa.” Orang tadi mengulangi pertanyaannya sebanyak tiga kali, dan Rasululllah saw tetap menjawab, “Ia tidak akan mendapatkan apa-apa.” Lalu beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak menerima suatu amal, kecuali jika dikerjakan murni karenaNya dan mengharap wajah-Nya.” Demikian sabda Nabi saw yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dan Nasai.

Menjadi muslimah yang ikhlas tentu tidak seperti membalikan telapak tangan. Menjadi muslimah yang ikhlas tidaklah mudah. Bahkan ada satu film yang ingin menemukan ikhlas dalam gambaran realita sosial, namun tetap saja sulit dilakukan. Karena ikhlas adalah membersihkan hati dari segala kotoran, sedikit atau pun banyak, sehingga tujuan ibadah adalah murni karena Allah.

Dalam berbagai kisah, banyak hal yang menjadi godaan muslimah agar bisa menjadi muslimah yang ikhlas. Gemerlap dunia, kurangnya rasa malu, dan keinginan mengikuti hawa nafsu. Oleh karena itu, hampir tidak ada ibadah yang dilakukan seorang muslimah bisa benar-benar bersih dari harapan-harapan dunia. Namun ini bukanlah alasan untuk tidak memperhatikan keikhlasan.

Latihan menjadi muslimah yang ikhlas haruslah tetap dilakukan. Salah satu cara untuk ikhlas adalah menghilangkan ketamakan terhadap dunia dan berusaha agar hati selalu terfokus kepada janji Allah, bahwa Allah akan memberikan balasan berupa kenikmatan abadi di surga dan menjauhkan kita dari neraka. Selain itu, berusaha menyembunyikan amalan kebaikan dan ibadah agar tidak menarik perhatianmu untuk dilihat dan didengar orang, sehingga mereka memujimu.

Semoga bermanfaat

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.