Mengetahui Olahraga yang Cocok Buat Muslimah

Wanita berolahraga mungkin tak banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Tapi muslimah berolahraga, maka beberapa hal terkait posisinya sebagai wanita muslim include dengan olahraga yang akan dilakukan. Berhijab, pakaian terusan, rok lebar, dan deretan busana muslimah akan menjadi bahan pertimbangan olahraga yang cocok buat muslimah.

Memang ada olahraga yang tidak cocok buat muslimah ? jawabannya, untuk pria saja ada yang tidak cocok. Karena semua kegiatan manusia akan dibatasi oleh keadaan, status, keyakinannya. Kurus kering tak akan cocok menggeluti olahraga gulat. Tak tahu berenang jangan sama sekali berolahraga renang, dan seterusnya.

Ada inbox masuk di laman fanpage muslimah Indonesia. “Adikku baru beberapa minggu mencoba menjadi wanita muslim sebenarnya. Dia sedikit demi sedikit memakai busana muslimah, mulai dari jilbab, dan sekarang mulai berhijab. Namun dia juga bercita-cita menjadi atlet. Ada tidak olahraga yang cocok buat muslimah?. Makasih yaaa.” Demikian bunyi pesan itu.

Kita akan bahas olahraga yang cocok buat muslimah dengan terlebih dahulu melihat dan memahami bahwa tidak ada satupun penjelasan, dalil, yang membatasi wanita dalam berolahraga. Islam sebagai agama rahmah bahkan menganjurkan muslimah berolahraga. Rasul saw pernah mengajak Aisyah ra berlomba lari, sebagaimana Aisyah pernah berkata, “Rasulullah saw mengajakku lomba lari dan aku mengalahkannya. Kemudian aku berhenti melakukannya, dan akhirnya aku menjadi gemuk. Kemudian Rasul saw mengajakku lomba lari kembali dan beliau mengalahkanku. Beliau bersabda, Ini sebagai balasan dari lomba yang lalu.”

Dari hadis tadi, tersirat dengan jelas bahwa ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi saw memberikan contoh anjuran wanita agar berolahraga. Tujuan utama olahraga berdasarkan anjuran Nabi adalah menjadi sehat, tujuan lain seperti bisnis, asal sesuai ajaran agama (baca: bisnis baju olahraga muslimah).

Olahraga apapun itu, asalkan cocok dengan keadaan, kemampuan, status dan keyakinan. Misalnya, Anda ingin berenang, tapi di tempat umum, maka olahraga renang dalam kondisi itu tidak cocok. Bagaimana mungkin bisa berenang dengan hijab? Ini artinya olahraga renang tidak cocok karena keadaan dan keyakinan, dan bukan dilarang (baca: busana olahraga muslimah).

Tak ada perbedaan olahraga laki-laki dan olahraga wanita. Asalkan tujuannya untuk kesehatan. Karena banyak juga olahraga sekarang tujuannya bukan lagi untuk kesehatan tubuh, tapi lebih pada hiburan, permainan, bahkan sebagai misi kampanye saja.

olahraga yang cocok buat muslimah

Dengan demikian, olahraga yang cocok buat muslimah, maka jawabannya bervariasi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing. Tinggal kita melihat panduannya saja. Berikut tuntunan memeilih olahraga yang cocok buat muslimah;

  1. Niat sebagai sarana menjaga kesehatan
  2. Niat untuk ibadah
  3. Sesuaikan dengan kondisi fisik saat
  4. Tentukan target yang tepat. Misalnya, bulan depan badan saya turun sekian kilogram
  5. Sesuaikan dengan minat. Misalnya, jika tidak suka olah raga air, renang bisa diganti dengan senam

Sahabat muslimah. Olahraga yang cocok buat muslimah, adalah semua jenis olahraga. Apapun pilihan olah raga kita, pastikan ketika menjalani olahraga itu dengan niat lurus, aurat dan kehormatan kita sebagai muslimah tetap terjaga dan terpelihara (baca: pakaian olahraga muslimah). Pilih dan pilah olahraga yang memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh, luruskan niat, take action !

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.