Mengajak Muslimah Berjilbab, Ini Kiatnya

Terkadang kita risih jika berteman dengan muslimah yang masih membuka auratnya kepada yang bukan muhrim. Misalnya, Anda berteman dengan 6 orang, akrab seperti saudara, tapi salah seorang dari 6 muslimah itu masih mengumbar auratnya dan tidak mengenakan jilbab. Lalu, bagaimana cara mengajak muslimah berjilbab, atau menjadikannya muslimah sempurna menutup auratnya?

Tinggal mengajak? Tentu tidak semudah itu. Dalam hubungan sosial, dan menyampaikan kebenaran, bukan hanya sekedar benar atau salah, tapi juga terkait etika. Berikut tips mengajak muslimah berjilbab yang mungkin ada di sekitar Anda;

Pertama: Anda harus bijak menyikapi kekurangan orang lain. Tak bisa dipungkiri, bahwa muslimah yang tidak mengenakan jilbab adalah sebuah kelemahan. Bagaimana tidak, aurat yang mestinya dijaga dari pandangan mata yang tidak berhak, akhirnya dilihat dengan vilgar.

Mengajak saudara, teman, dan para muslimah di sekitar kita berjilbab, atau setidaknya, menyikapi para muslimah yang belum sempurna menutup auratnya, mari kita mencoba mengupayakan bagaimana kiat untuk bijak menyikapi kekurangan orang lain.

Bersyukur kepada Allah swt, jika kita tak memiliki kekurangan yang serupa dengan orang yang kita saksikan kekurangannya. Sesungguhnya, kita terhindar dari kekurangan itu pun pada hakekatnya adalah karunia-Nya.

Kedua, Doakan orang yang memiliki kekurangan agar berubah menjadi lebih baik. Doakan pula orang yang berbuat salah agar dibimbing Allah bertaubat dan memperbaiki diri. Tiada senjata lebih ampu dari doa. Doa muslimah yang ikhlas akan diijabah oleh Allah. Mengajak muslimah berjilbab adalah cara yang paling mudah, namun sangat ampuh dan patut diperhitungkan.

Ketiga, Sampaikan kebenaran jilbab, manfaat dan kerugian berjilbab kepadanya. Informasikan manfaat setiap amal yang kita perbuat. Informasikan kerugian dan dampak buruk yang dialami oleh diri kita sendiri, juga oleh orang di sekitar kita akibat dari apa yang kita perbuat. Bisa jadi seseorang berbuat salah, karena belum mengetahui hal itu salah atau belum tahu akibat buruk perbuatannya.

Tiga kiat di atas dapat digunakan bila melihat para muslimah yang cara berpakaiannya memang tidak berjilbab. Selain itu, setiap orang yang mengajak juga harus melakukan instropeksi diri, dan memberi tauladan. Seberapa banyak ilmu tentang jilbab yang sudah kita dapatkan lalu membagi manfaatnya ke orang lain. Demikian kiat mengajak muslimah berjilbab, semoga memberi manfaat.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.