Mendidik Anak Gemar Sedekah

Mempunyai anak yang bisa berbagi tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bagi para ibu muslimah. Selain mengajarkan anak hidup hemat, penting juga mengajarkan anak untuk menjadi dermawan atau gemar sedekah juga perlu dilakukan sejak dini. Hal itu dapat terwujud salah satunya dengan melakukan beberapa cara di bawah ini, yakni :

Menanamkan Empati terhadap Lingkungan Sekitar

Untuk para ibu muslimah yang baik mengenalkan anak pada sifat gemar sedekah adalah dengan mengenalkan pada lingkungan sekitar. Misalnya saja dengan mengajak anak mengunjungi rumah yatim piatu atau melihat anak anak jalanan, pengemis dan sebagainya. Ketika berkunjung ajarkan juga bahwa agama meminta untuk berbagi rezeki dengan orang yang tidak mampu. Dengan mengunjungi anak yatim piatu dan anak memberikan bantuannya dengan tangan mereka secara langsung, hal itu akan menjadi memori yang baik bagi anak. Mereka akan merasa senang ketika bisa membantu sesama. Lalu tekankan dan ajarkan bahwa gemar sedekah dan memberi tanpa pamrih merupakan perbuatan mulia.

Keteladanan

Para Ibu Muslimah juga dapat memberikan ajaran melalui keteladanan. Keteladanan yang dilakukan oleh para orang tua tentu menjadi hcontoh yang baik bagi anak untuk dilakukan. Misalnya saja dengan orang tua yang memberi contoh dengan memberi sedekah pada pengemis. Lakukan hal itu beberapa kali agar anak melihat. Kemudian di lain waktu mintalah anak untuk melakukannya sendiri. Dengan begitu ia juga akan merasa senang ketika memberi sesuatu kepada pengemis. Oleh karenanya para orang tua juga harus menunjukkan perilaku yang baik agar dapat dicontoh oleh anak.

Berikan Motivasi dengan Hadis al-Quran

Anak terdiri dari berbagai macam pribadi yang berbeda. ada kalanya anak memerlukan sebuah alasan untuk melakukan sesuatu. Sehingga, para ibu muslimah dapat mengajarkan sifat gemar sedekah dengan motivasi atau pesan di balik melakukan hal itu. Seperti misalnya dengan menjelaskan kepada anak bahwa sedekah yang diberikan akan diganti oleh Allah swt menjadi beberapa kali lipat. Jelaskan hal itu secara perlahan agar anak mengerti terlebih dahulu. Anak yang sudah mengerti alasan di balik melakukan sesuatu, mereka akan menjadi gemar dengan sendirinya. Karena di dalam benak mereka hal tersebut adalah baik untuk dilakukan.

Berikan Cerita Sahabat Rasullulah yang Menafkahkan Hartanya

Menceritakan keteladanan dari sahabat Rasullulah juga bisa para ibu muslimah lakukan untuk mengenalkan gemar sedekah pada anak. Cara itu dapat dilakukan dengan membelikannya buku mengenai kisa terebut. Sehingga, mereka bisa membacanya sendiri. Lalu, para ibu muslimah pun dapat menjelaskannya dengan mudah dan singkat bahwa yang dilakuakan sahabat Rasulluah haruslah ditiru.

Anak gemar sedekahDemikianlah beberapa cara yang ibu-ibu muslimah dapat lakukan agar anak menjadi anak yang berbakti untuk dunia dan akhirat. Awasi dan dampingi ketika anak melakukannya, hal itu akan mempermudah ibu untuk memberi penjelasan di lain waktu. Jangan lupa untuk memberi pujian bagi anak agar mereka merasa senang dan ingin melakukannnya terus menerus.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.