Mendidik Anak Gemar Berolahraga

Olahraga sangat penting tak hanya untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, namun juga melatih sikap-sikap dan mental yang baik. Tak hanya itu, dengan gemar berolahraga, kita bisa terhindar dari aktivitas-aktivitas yang kurang bermanfaat seperti terlalu sering main game atau bermalas-malasan.

Ibu muslimah yang baik, sangat penting untuk menanamkan kebiasaan untuk gemar berolahraga sejak dini sebagai salah satu bentuk pendidikan anak. Mengapa? Menurut seorang psikolog klinis anak dari Cedarhurst, New York bernama Laurie Zelinger, Ph.D., mencintai olahraga dapat mengajarkan keterampilan hidup yang penting bagi anak, seperti: sikap disiplin, motivasi, komitmen, dan kerja sama.

Mengenai cara mendidik anak agar gemar berolahraga, Cynthia Hanson dari Majalah Parents memiliki beberapa tips yang bisa ibu muslimah praktekkan, yang dilansir dari parents.com berikut:

Jangan Berlebihan

Ibu muslimah, tujuan utama kita adalah mendidik anak gemar berolahraga, bukan menjadikannya seorang atlet profesional. Beberapa orang tua menyuruh anaknya untuk fokus berlatih satu jenis olahraga saja, sementara yang lain mewajibkannya mempelajari beberapa jenis olahraga sekaligus. Dua-duanya bisa menjadi semacam senjata makan tuan loh.

Perlu ibu muslimah ketahui, cara pertama bisa membuat anak merasa olahraga menjadi seperti kewajiban atau pekerjaan sehingga bisa kehilangan kesenangannya dalam berolahraga, membuatnya hanya terpaksa melakukannya. Sedang cara kedua bisa membuat anak tidak fokus dan terlalu sibuk untuk belajar mencintai semua jenis olahraga yang dilakukannya.

Daniel Gould, Ph.D., direktur dari Institute for the Study of Youth Sports, menyatakan bahwa meminta anak mempelajari dua sampai tiga jenis olahraga dalam satu tahun adalah cara yang tepat.

Tanyakan pada Anak

Setelah beberapa tahun banyak mencoba jenis olahraga, anak pasti telah memiliki pilihan atau kesukaannya sendiri. Tanyakan padanya mengenai olahraga apa yang ingin dilakukannya. Jangan hanya menyuruhnya berlatih olahraga yang sama dengan teman-temannya karena cara tersebut tidak selalu tepat. Ibu muslimah yang budiman, jangan paksa anak untuk melakukan hal yang tidak disukai atau bahkan dibencinya ya.

Sumber gambar: dreamfile.wordpress.com

Sumber gambar: dreamfile.wordpress.com

Lakukan Tugas Rumah Anda

Tugas rumah anda sebagai ibu muslimah yang baik adalah menemuka olahraga yang sesuai dengan pribadi anak anda. selain itu, ajak anak anda untuk melihat saat beberapa tim sedang berlatih. Dengan demikian, anda akan tau olahraga apa yang menarik perhatian anak dan bagaimana tim-tim tersebut berlatih. Ditambah lagi, ibu muslimah bisa tahu bagaimana pelatih mendidik tim tersebut, karena pelatih juga menentukan hasil. Pelatih olahraga anak yang baik adalah pelatih yang tidak temperamental dan memiliki cara mengajar yang bijaksana.

Nah, itu tadi beberapa tips mengenai bagaimana mendidik anak untuk gemar berolahraga. Perlu kesabaran dalam melatih sikap dan kebiasaan baik ini. Hindari pemaksaan dan/atau pemberian dorongan yang terlalu keras pada anak agar mau berolahraga, karena bisa jadi si anak malah memberontak dan semakin tidak ingin melakukannya.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.

5 Responses

  1. author

    larismu3 years ago

    Mendidik anak untuk rajin berolahraga , itu luar biasa,

    Reply
    • author
      Author

      Alfathun Nisaa2 years ago

      Luar biasa, dan bukan cuma tanggungjawab ibu sebenarnya ๐Ÿ™‚

      Reply
  2. Mendidik Anak Gemar Berolahraga - Tvmuh2 years ago

    […] Muslimah Indonesia ยป Pendidikan Anak […]

    Reply
  3. author

    karsy2 years ago

    Olahraga simple dan paling mudah di lakukan adalah lari.

    Reply
    • author
      Author

      Alfathun Nisaa2 years ago

      Betul ๐Ÿ˜€

      Reply

Leave a Reply