Mendidik Anak Agar Mudah Bergaul

Sahabat muslimah Indonesia, Apakah anak ibu termasuk pemalu dan susah dalam bergaul? Anak pemalu biasanya sulit dalam berbicara dengan temannya atau orang lain serta lebih suka menundukan kepalanya.

Hal ini akan berdampak sangat buruk kelak karena akan membuat mereka jadi sudah dalam bersosialisasi yang tidak mampu berinteraksi dengan orang lain, tidak mampu mengatasi risiko sosial dan tidak mempunyai kepercayaan diri dalam kehidupan sosial. Tapi, jangan khawatir karena ada beberapa tips yang bisa dicoba oleh ibu muslimah untuk membuat anak menjadi lebih mudah bergaul:

Melatih kontak mata

Kontak mata diperlukan dalam berkomunikasi. Ketika berbicara dengan si kecil katakan padanya untuk menatap mata lawan bicaranyal. Jika anak memang masih takut dalam memandang langsung lawan bicaranya, ajarkan pada mereka untuk melihat batang hidung lawan bicaranya. Ini berfungsi untuk melatih si kecil hingga akhirnya mampu memandang langsung ke mata lawan bicaranya.

Ajarkan percakapan pembuka dan penutup

Ibu muslimah di rumah bisa membuatkan daftar untuk membuka percakapan dengan berbagai macam orang yang akan dijumpai si kecil. Misalnya ketika bertemu temannya, gurunya, orang dewasa yang tidak dia kenal, dan masih banyak lainnya. Kemudian latihlah semua percakapan itu sehingga anak lancar. Ada baiknya juga untuk berlatih bercakap-cakap melalu telepon bagi anak-anak yang pemalu.

Melatih interaksi sosial

Biasakan untuk mengajak anak ke acara-acara yang banyak terdapat orang, misal acara pernikahan saudara, kerabat, teman, dan sebagainya, Ini akan membantu anak untuk mempraktikan kemampuan berbicaranya dengan beberapa orang yang ditemuinya. Selain itu ibu muslimah pun harus mengajarkan table manners, sopan santun jika bertemu orang lain.

Praktek melakukan kontak dengan yang lebih muda

Jika anak masih kesulitan dalam bergaul dengan orang lain, ada baiknya jika ia praktek berbicara dengan yang lebih muda seperti adik, bayi, anak kecil tetangga atau saudara. Dengan cara ini anak akan lebih mudah dalam melakukan kontak mata dan berkomunikasi, daripada harus melakukannya dengan teman sebaya.

Nama yang baik dalam IslamMengatur kesempatan bermain berdua

Anak-anak yang diberi kesempatan untuk berdua saja dengan temannya sebenarnya akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Oleh karena itu biarkan si kecil mengundang temannya ke rumah untuk bermain sehingga mereka bisa lebih saling mengenal dan melatih kemampuan mereka dalam menjalin pertemanan. Ada baiknya untuk tidak mengganggu saat-saat bersama mereka. Ibu muslimah bisa tetap mengawasi tapi jangan sampai mereka terganggu, sediakan juga makanan ringan.

Berikan pujian

Sebaiknya memberi anak pujian ketika mereka selesai melakukan sesuatu yang bersifat sosialisasi dan adaptasi sehingga mereka akan merasa lebih dihargai dan akan terus termotivasi untuk terus melakukan kegiatan sosial bersama teman dan lebih sering bergaul.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.

One Response

  1. Mendidik Anak Agar Mudah Bergaul - Tvmuh2 years ago

    […] Muslimah Indonesia ยป Pendidikan Anak […]

    Reply

Leave a Reply