Memilih Pakaian Olahraga Muslimah yang Sesuai Syariat Islam

Seorang wanita muslimah bukan berarti harus terbatas dalam melakukan berbagai aktivitas. Seorang wanita muslimah sejatinya dapat melakukan banyak aktivitas asalkan semua perilaku serta kegiatannya tidak menyimpang dari ajaran agama. Lalu, bolehkah seorang wanita muslimah melakukan berbagai aktivitas olahraga? Jawabannya tentu saja boleh. Secara umum, islam tidak melarang seorang wanita untuk berolahraga. Bahkan, Rasulullah saw pernah mengajak istrinya Aisyah ra untuk berlomba lari. Tapi yang perlu diketahui para wanita muslimah, mereka juga harus tetap menjaga aurat mereka dengan mengenakan pakaian olahraga muslimah.

Pakaian olahraga muslimah sejatinya mampu membantu para wanita muslimah untuk tetap bebas berolahraga namun dengan tetap menjaga aurat dan norma kesopanan yang diajarkan oleh Islam. Tidak seperti pakaian olahraga pada umumnya yang banyak menampilkan lekuk tubuh wanita ataupun dengan potongan busana yang minim sehingga memperlihatkan bagian tubuh mereka. Tidak sulit kok untuk memilih pakaian olahraga muslimah. Untuk itu, mari kita simak beberapa ulasan mengenai cara memilih pakaian olahraga muslimah yang sesuai dengan syariat islam.

Pilih pakaian yang menutup badan secara menyeluruh

Pakaian olahraga muslimah harus memenuhi unsur penting dari tata cara berpakaian seorang wanita muslim. Pakaian seorang muslimah haruslah mampu menutup aurat seorang wanita secara keseluruhan tanpa harus memperlihatkan beberapa bagian tubuh seorang wanita kecuali wajah dan telapak tangan.

Jangan gunakan pakaian ketat

Sebaiknya gunakan pakaian olahraga muslimah yang tidak terlalu ketat. Pakaian yang terlalu ketat dapat menonjolkan beberapa bagian tubuh wanita. Hal ini tentu bertentangan dengan norma kesopanan yang diajarkan oleh Islam. Usahakan pula untuk mengenakan jilbab yang mampu menutupi hingga area dada.

Bahan yang nyaman

Bahan yang nyaman sebenarnya tidak terkait dengan aturan syariat, tapi lebih kepada kenyamanan pemakai. Jadi, dalam memilih pakaian olahraga muslimah adalah, usahakan untuk mengenakan pakaian dengan bahan yang nyaman digunakan. Pilih pakaian berbahan dasar katun sehingga ketika dipakai tubuh tidak akan terasa gerah. Pakaian yang nyaman juga akan membuat si pemakainya merasa lebih leluasa dalam berolahraga.

Nah itulah beberapa cara dalam memilih pakaian olahraga wanita muslimah. Pakaian olahraga muslimah yang sesuai aturan akan menjaga harga diri seorang wanita. Jadi kini untuk para wanita muslim, tidak perlu bingung lagi untuk berolahraga. Karena sesungguhnya olahraga juga sangat dibutuhkan seorang muslim untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Selamat berolahraga bagi para wanita muslimah.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.