Membuat Rambut Tetap Sehat Meski Menggunakan Hijab (2)

Berhijab memang sebuah tuntutan bagi para wanita muslim, akan tetapi memakai hijab biasanya membuat rambut wanita mengalami berbagai masalah. Oleh sebabnya, anda diharuskan melakukan berbagai perawatan yang tepat agar hal yang tidak diinginkan seperti gatal karena ketombe, bau dan juga rontok tidak terjadi.

Berbagai perawatan rambut mungkin saja akan mahal harganya jika tidak dibarengi dengan kemauan untuk bisa lebih tahu mengenai hal apa yang harus dilakukan agar kesehatan rambutnya tetap terjaga meskipun sedang berhijab. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk memberitahukan agar kantong anda tidak jebol dan rambut anda tetap terjaga kesehatannya meskipun sedang berhijab.

Berikut tips agar rambut yang anda miliki tetap sehat meskipun sedang dalam keadaan berhijab :

1. Rajin Keramas

Cara ini sendiri merupakan cara yang paling tepat untuk membersihkan rambut anda dari berbagai kuman dan juga bakteri yang menyebabkan rambut anda menjadi rusak. Dalam mempraktekkan keramas sendiri anda diwajibkan untuk menggunakan shampoo yang cocok dengan jenis rambut yang anda miliki, kemudian lagi jangan cepat dalam memutuskan untuk melakukan pergantian shampoo. Setidaknya dalam 1 minggu anda harus keramas tiga kali dengan penggunaan conditioner.

2. Gunakan Masker Rambut

Pada dasarnya tidak hanya kulit yang membutuhkan asupan vitamin, akan tetapi rambut pun membutuhkan zat tersebut. Dan salah satu cara agar rambut kita mendapatkan asupan viatamin yang mumpuni adalah dengan menggunakan masker rambut. Pemakaian masker rambut sendiri adalah supaya rambut yang anda miliki tidak mudah rontok dan pastinya agar tetap sehat. Masker rambut sendiri dapat anda buat sendiri dengan menggunakan bahan alami atau juga bila memang anda tidak punya waktu bisa menggunakan masker rambut yang sudah jadi dengan cara membelinya di toko.

3. Keringkan Rambut Hingga Benar-benar Kering

Langkah ini pastinya disarankan pada saat anda selesai keramas. Anda tidak dianjurkan untuk cepat menggunakan hijab yang anda miliki akan tetapi pastikan bahwa rambut anda telah benar-benar tidak berair lagi atau benar-benar kering. Hal ini sendiri mencegah agar rambut anda tidak ditumbuhi jamur dan gatal. Dampak yang lebih parah jika rambut yang sedang basah anda hijabi adalah bisa menyebabkan rambut anda menjadi mudah untuk rontok.

4. Menyisir Rambut

Menyisir rambut adalah salah satu cara yang bisa digunakan agar rambut anda menjadi terawat, rapi dan lebih dari itu, menyisir rambut dapat membuat peredaran darah di kepala anda menjadi lancar. Akan tetapi, disarankan agar anda menggunakan jenis sisir yang seusia dengan jenis rambut yang anda miliki tentunya. Karena jika anda salah dalam menggunakan sisir maka yang ada hanya akan membuat rambut anda menjadi patah-patah dan salah-salah bisa juga menyebabkannya menjadi rontok.

5. Bahan Hijab

Bahan yang digunakan untuk hijab anda juga menjadi salah satu faktor yang membuat rambut anda bisa jadi lebih sehat. Misalnya saja dalam keadaan anda beraktifitas di tengah terik matahari yang panas, maka disarankan agar anda memilih bahan hijab yang lebih mudah untuk menyerap keringat yang keluar. Adapun bahan hijab yang sesuai dengan keadaan tersebut adalah hijab paris dan pashmina shawl. Jenis hijab ini akan membuat keringat yang dikeluarkan oleh kulit kepala anda menjadi terserap oleh bahan hijab anda sehingga tidak menumpuk pada bagian kepala anda dan menyebabkan kerusahan rambut.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan agar rambut tetap sehat meski menggunakan hijab. Semoga menginspirasi dan tentunya bermanfaat bagi anda.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.