Manfaat Menggunakan Hijab Menurut Islam

Segala sesuatu yang difirmankan Allah memiliki manfaat yang luar biasa bila kita mau beristiqomah dalam menjalankannya. Dan tiap-tiap hal yang memiliki manfaat yang dibutuhkan oleh manusia, selalu diisyaratkan dan diperintahkan oleh-Nya.

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan hijab menurut islam, mari kita kupas secara lebih detail ya.

1. Menjauhkan dari pelecehan s3xsual

Pelecehan s3xsual kini semakin marak di kehidupan sosial, hal ini terjadi akibat tingkah laku dan cara berpenampilan mereka sendiri yang menunjukkan lekuk tubuh, sehingga mengundang para laki-laki untuk berniat buruk dan memancing syahwat. Dengan berpenampilan inilah pelecehan s3xsual akan terus terjadi karena rosulullaah saw pernah bersabda “ Sepeninggalku tak ada fitnah yang lebih berbahaya dari laki-laki selain wanita.”(HR. Bukhori)

Jika di zaman rosul saja wanita dapat memicu timbulnya fitnah, padahal pada zaman rosul wanita lebih banyak konsisten menggunakan hijab, apalagi di zaman sekarang? Pelecehan s3xsual akan semakin marak jika wanita tidak mengindahkan tubuhnya dengan menggunkan hijab untuk menutupi lekuk tubuhnya.

2. Terselamatkan dari adzab Allah

“Ada dua jenis penghuni neraka yang belum pernah kulihat sebelumnya yakni laki-laki yang memegang cambuk laksana seekor sapi, mereka mencambuk manusia. Dan kaum hawa yang yang berpakaian namun terlihat t3lanjang, sesat dan menyesatkan, ada sesuatu seperti punuk unta diatas kepala mereka. Wanita-wanita seperti inilah yang tidak dapat menghuni surga bahkan mencium baunya pun mereka tidak bisa. Sedangkan bau surga itu dapat tercium dari jarak yang sangat jauh” (HR.Muslim).

yang di maksud dengan wanita-wanita yang berpakaian namun t3lanjang adalah yaitu wanita-wanita yang berpakaian namun menampakkan sebagian tubuhnya dengan maksud menunjukkan sisi dari kecantikannya. Seperti menggunakan hijab namun tidak menutupnya hingga menutupi buah dadanya.

3. Laksana bidadari syurga

“Dalam surga bidadari selalu menundukkan pandangan mereka, tak pernah disentuh seorang manusia ataupun jin sebelumnya”. (QS. Ar-Rahman :56)

“Mereka laksana telur yang tersimpan rapi”. (Qs. Ash- Shafaat:49)

Wanita yang berhijab akan memilki rasa malu yang lebih, dan akan menjaga dirinya dengan sebaik-baiknya. Wanita akan berdiam diri di rumah, dan menjaga dirinya dari perilaku yang dilarang oleh agama, wanita yang berhijab akan senantiasa malu dengan setiap tutur kata yang tidak sesuai dengan cara berpakaiannya.

Ilustrasi

Ilustrasi

4. Memelihara kecemburuan laki-laki dan mukhrimnya

Manfaat menggunakan hijab akan melindungi wanita dari kecemburuan laki-laki yang telah Allah ciptakan pada tiap-tiap lelaki tewrmasuk pada mukhrimnya atau ppada suaminya. Bila hijab ditanggalkan dari tubuh seorang wanita maka kecemburuan seorang laki-laki akan sirna secara perlahan, sehingga ketika terjadi pelecehan tidak akan ada yang membela. Dan swami tidak akan membantu dalam pelecehan tersebut.

Demikianlah manfaat menggunakan hijab menurut syariat islam.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.