Kisah Anak Sholehah yang Mendapat Hidayah

Siapapun mampu dan bisa menjadi anak-anak yang sholeh atau sholehah. Tak hanya mereka yang mendapat pelajaran agama dan akhlak yang baik sejak dini, namun semua anak di dunia ini. Semuanya. Entah itu seorang muslim atau anak yang mendapat pencerahan dalam hidup lalu menjadi mualaf. Baik usianya masih belia, remaja, dewasa, hingga telah menjadi ibu bagi anaknya. Sebagian orang tua telah berusaha menjadikan anak mereka anak yang sholeh sholehah. Namun, mungkin memang hidayah dari Allah swt lah jalan paling baik yang bisa menolong umat-Nya. Apa itu hidayah? Adalah suatu kata dalam bahasa Arab yang dapat diartikan sebagai suatu petunjuk. Kisah di bawah ini adalah kisah mengenai seorang anak sholehah yang akhirnya mendapatkan hidayah dari Allah swt melalui tetangganya.

Kerudung Besar Mariam

Ibundanya adalah seorang guru mengaji yang taat beribadah. Namun, entah bagaimana Mariam, si anak perempuan, tak pernah mau diajak ke jalan kebenaran meski ia pun telah memeluk agama yang diridhoi Allah yaitu agama Islam. Tak seperti ibunya, Mariam selalu enggan mengenakan baju yang longgar, rok panjang, serta kerudung untuk menutupi auratnya. Gadis muda itu selalu beralasan, perempuan berhijab lain di luar sana pun banyak sekali yang berperangai buruk, bahkan lebih buruk dari dirinya yang tidak mengenakan hijab. Mariam berpendapat bahwa yang terpenting adalah perilakunya, bukan apa yang dikenakannya. Sang ibu pun kini hanya mampu mengelus dada dan meminta pertolongan dari Allah swt.

Doa sang ibu mungkin diijabah ketika suatu hari satu keluarga muslim datang dan pindah ke rumah di sebelah rumah mereka: sepasang suami istri dan keenam anak mereka. Anehnya, sang istri tak pernah sekalipun keluar dari kediamannya, membuat para tetangga termasuk Mariam bertanya-tanya dan menerka-nerka, jangan-jangan wanita tersebut buta, bisu, dan tuli. Mariam yang penasaran pun bertanya pada ibunya, yang hanya menyuruhnya untuk menemui sendiri sang istri tetangga.

Sejak pertemuan itu Mariam seakan mendapat hidayah. Kini ia mulai mengenakan kerudung panjang, baju longgar, dan rok panjang pula. Tak hanya itu, ia pun selalu menjaga dirinya dari hal-hal yang bisa membuatnya jauh dari Allah swt. Sang ibu pun terkaget-kaget namun juga sangat bersyukur atas perubahan putrinya yang telah menjadi anak sholehah itu. Pada akhirnya sang ibu mengetahui, bahwa hidayah Mariam datang melalui pembicaraan sang istri yang ternyata tak hanya tidak buta, bisu, dan tuli, namun juga sangat cantik jelita dengan wajah yang seakan bersinar karena akhlak mulianya.

Ilustrasi

Ilustrasi

Allah swt senantiasa memberikan petunjuk-petunjuk dan pertanda-pertanda pada hamba-hambanya. Pun hidayah bisa kita dapatkan dimana saja: di dalam al-Quran dan Hadis, di dalam sabda-sabda Rasulullah, di dalam pengajian-pengajian, dan/atau bahkan di jalan-jalan. Hanya tinggal bagaimana manusia membaca hidayah Allah tersebut untuk menjadi hambanya yang lebih baik lagi.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.