Kenapa Muslimah Harus Menikah?

Saya teringat dengan seorang teman kuliah saya, tepatnya kakak senior saya di kampus. Orangnya cantik, mapan, dan bisa menyesuaikan diri. Wajahnya mirip bintang Bollywood, Neetapuri. Tinggi semampai, fisik mendekati sempurna.

Siapa pria yang tidak mengidamkan wanita seperti dia? Rasanya mustahil. Dia rajin beribadah, berasal dari keturunan baik-baik pula. Kedua orang tuanya adalah seorang guru. Mungkin inilah yang memotivasi dia, ingin menjadi seorang dosen.

Selesai kuliah, yang kebetulan bersama saya, dia dilamar oleh pria yang masih kerabatnya jua. Kedua keluarga sepakat, namun sayang, dia menolak dengan alasan masih ingin menggapai cita-cita.

Banyak temannya termasuk saya menyayangkan hal itu. Dia sepertinya buta oleh nasihat, sepertinya dia diuji akan hal ini oleh yang Maha Kuasa. Kini, usianya makin beranjak, dia mulai khawatir, cita-cita sebagai dosen tercapai, namun harapan tertinggi wanita untuk menikah tak kunjung digapai. (baca juga: sebaik baik perhiasan adalah wanita muslimah)

Sahabat muslimah, apa hikmah dari kisah nyata tadi? Mungkin banyak dari kita mengalami kejadian yang sama, mirip, atau sedikit tambal sulam berbeda. Kesempatan menikah datang, memenuhi syarat, tapi kita menolaknya. Kenapa muslimah harus menikah?

Ketahuilah, menikah adalah bukti ketaatan, ketaatan kepada aturan, ketaatan kepada pembuat aturan. Allah mengatur manusia, baik laki-laki dan wanita untuk hidup berpasangan, untuk menikah. Jika pilihan itu datang, menikahlah karena kita taat kepadaNya.

Menikah adalah Halal. Halal adalah pintu ridha. Keridhaan Allah akan datang kepada siapa yang melakukan hal yang dihalalkan. Karena menikah halal, memberikan hak halal kepada pasangan, dengan sendirinya, terbuka pintu ridha Allah yang Maha Kuasa.

Menikah adalah Halal. Dan halal adalah bentuk furqan, pembeda. Dengan menikah manusia berbeda dengan binatang. Binatang bercampur dengan lawan jenisnya tanpa filter, karena bagi binatang, tidak ada label halal, tidak ada pembeda baginya. (baca: warna kerudung untuk kulit sawo matang)

Ilustrasi

Ilustrasi

Menikah adalah Halal. Halal adalah berkah. Berkah itu adalah kepuasan batin yang selalu merasa cukup dan bertambah. Jangan takut menikah karena alasan kurang mampu, karena dalam pernikahan ada berkah, dan Allah mencukupkan melalui keberkahanNya.

Nikah adalah halal. Halal itu suci. Tiada perbuatan interaksi antara manusia dengan manusia lain, tanpa batas, tanpa larangan, namun kesucian terjaga, selalain menikah. Menikah itu suci, mensucikan diri dari perbuatan hubungan yang dilarang antara lawan jenis, menzucikan hati dari pergaulan sesama lawan jenis.

Jadi, tak perlu bersusah payah mencari alasan menolak kehalalan dari nikah. Tak perlu bertahan dengan alasan cita-cita yang semu, karena dalam pernikahan, Allah sudah menyediakan semua melalui label halal.

Sahabat muslimah, menikahlah … karena muslimah harus menikah J

Rate this article!
Kenapa Muslimah Harus Menikah?,3.50 / 5 ( 2votes )
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.