Kenalkan Anak pada Kisah Teladan Nabi dan Rasul

Kebanggan tersendiri bagi para ibu muslimah jika anak yang dididik menjadi pribadi yang baik hati, shaleh sesuai dengan ajaran agama. Ada beberapa cara yang bisa digunakan yakni dengan mengenalkan dengan kisah-kisah teladan Nabi dan Rasul di zaman dulu. Mempunyai figur contoh akan mudah bagi para ibu untuk membentuk kepribadiannya. Mengenalkannya pun dapat menggunakan cara berikut ini :

Ceritakan Sebelum Tidur

Agar anak lebih paham dengan agama yang dianut, para ibu muslimah dapat memberikannya cerita sebelum tidur. Para ibu dapat membeli buku kisah 25 nabi atau yang sejenis. kemudian ceritakan kisah kehidupan masing-masing nabi. Yan gkemudian di akhir cerita dapat disimpulkan bahwa nabi itu mempunyai sikap mulia seperti ini itu. Dengan begitu, anak pun juga akan menjadi kenal kepada nabi mereka. Tak hanya itu mereka juga akan mengetahui perbuatan baik yang dilakukan oleh para nabi. Membiasakannya mendengar cerita para Nabi dan Rasul akan mudah direkam di dalam otak mereka. Sehingga mereka akan mempraktikkannya di dalam kehdupan mereka.

Selalu Selingi dengan Kisah Teladan Nabi

Selain intens dengan bercerita sebelum tidur, para ibu muslimah juga bisa menyelipkan kisah teladan nabi di waktu longgar mereka. Seperti misalnya ketika mereka mulai bercerita pengalamanyang dialami di sekolah. Pada saat itulah sebaiknya para ibu muslimah menyelipkan sedikit kisah teladan nabi yang terkait dengan yang dialaminya. Hal ini akan dengan mudah mengenalkan anak pada nabi yang menjadi teladan bagi mereka. Selain itu mereka juga akan mengingat bagaimana para nabi menghadapi suatu masalah.

KISAH NABI DAN RASUL

Ajak ke Toko Buku

Buku menjadi sumber ilmu bagi siapa saja. Tak terkecuali bagi para ibu muslimah yang menginginkan anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Mengajak anak bepergian ke toko buku dapat menjadi cara untuk mengenalkannya pada dunia islam. Bawalah anak ke pusat buku islami dan biarkan lah mereka memilih buku yang diinginkan. Namun, akan lebih baik jika para ibu juga ikut mengerahkan untuk membeli buku apa yang cook untuk mereka, seperti misalnya buku kisah 25 nabi. Dengan mereka memilih buku sesuai dengan keinginannya, maka mereka juga akan semangat membacanya.

Ikutkan TPA

Pelajaran selain dari orang tua juga bisa berasal dari luar. Untuk para ibu muslimah yang ingin mengenalkan anaknya dengan kisah teladan nabi dapat juga mengikutkan mereka ke dalam taman pendiidikan aL-Quran. Dimana TPA tersebut akan banyak anak yang juga mengikutinya, sehingga mereka pun juga akan semangat untuk belajar.

Itulah beberapa cara yang bisa para ibu muslimah lakukan untuk mengenalkan kisah teladan nabi secara dini. Pengawasan dan bimbingan dari orang tua adalah hal yang juga harus diperhatikan. Sehingga akan mengetahui apa saja yang telah diajarkan dan bahwa anak juga paham akan hal tersebut.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.