Kebiasaan Buruk Muslimah Sering Dilakukan Tanpa Disadari

Dalam sebuah diskusi yang pesertanya adalah muslimah, banyak yang tidak sepakat dengan kebiasaan buruk muslimah sebagai seorang wanita yang akan diuraikan nanti. Memang sih, dengan alasan tak ada manusia yang tidak memiliki kekurangan, maka bukan saja wanita, tapi juga pria yang pasti memiliki kekurangan.

Namun, suka atau tidak suka, perbedaan wanita dan pria meniscayakan perbedaan yang lain, misalnya saja sifat, karakter, kepribadian, yang juga berpengaruh pada kekurangan yang berbeda. Jadi ada kekurangan yang khas bagi wanita dalam hal ini muslimah, dan ada juga kekurangan yang khusus buat muslim saja. Nah kekurangan itu bisa jadi dalam bentuk kebiasaan buruk, dan bahkan tanpa disadari.

Mari kita diskusikan kebiasaan buruk wanita berikut ini;

(baca juga: baik buruk wanita bekerja)

Pertama, wanita lebih banyak bicara dibanding pria. Sebuah penelitian dari peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Maryland mendukung teori ini. Disebutkan bahwa jumlah kata yang diucapkan wanita lebih banyak bahkan sampai tiga kali lipat dibanding pria. Seorang wanita biasanya mengeluarkan 13.000 sampai 20.000 kata berbeda dengan pria yang hanya 7.000 kata.

Apakah itu kodrat? Menurut saya itu adalah kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa disadari oleh banyak wanita. Bukankah Rasulullah saw telah bersabda “Barangsiapa yang beriman dengan Allah dan hari kiamat, maka hendaklah ia berkata baik, atau hendaklah ia diam.” Berkata baik, atau diam adalah cara untuk mengurangi kelebihan berbicara, kelebihan berbicara yang juga merupakan kebiasaan buruk.

Kedua, kebiasaan buruk wanita yang dilakukan dan kadang tanpa disadari adalah suka gosip menggosip. Sepertinya hal ini tidak natural. Banyak sekali acara media khususnya media televisi mendukung hal ini. Padahal gosip itu kebiasaan buruk. Jika benar akan menjadi gibah, dan jika topi yang digosipkan salah, itu berarti fitnah.

Gosip masuk kategori kebiasann buruk karena sangat dekat dengan prasangka, dan prasangka sangat dilarang. Allah swt berfirman dalam surah al-Hujarat ayat 12: “Wahai orang-orang yang beriman, jauhkanlah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu adalah dosa…”

(baca juga: bolehkah wanita melamar pria?)

Kebiasaan buruk wanita yang ketiga adalah kurang bisa menjaga rahasia. Benar atau tidak, sebuah penelitian yang berasal dari Inggris menunjukan wanita yang telah diberitahu tentang rahasia seseorang cenderung akan menceritakan rahasia itu pada orang lain dalam waktu kurang dari dua hari.

Keempat, wanita suka belanja. Hasil wurvey Daily Mail menunjukan bahwa delapan dari sepuluh wanita sangat suka berbelanja, baik itu kebutuhan sekunder maupun primer. Kalau kebutuhan primer, mungkin tidak masuk pada kebiasaan buruk, tapi kebutuhan sekunder?

Al-Quran sudah mewanti wanti hal itu dalam surah al-Isra ayat 27 “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.”

Ilustrasi

Ilustrasi

Sebenarnya, masih ada satu lagi kebiasaan buruk wanita sekarang. Kira kira apa? Apa lagi kalau bukan selfie … tapi itu belum kita bahas karena belum ada penelitian ilmiah yang menegaskan hal itu.

Jika Anda seorang wanita muslimah, tuk menghindari kebiasaan buruk itu. Ingat kebiasaan buruk itu terkadang kita tidak sadari, butuh kesadaran mendasar sejak dari awal. Yang tidak atau kurang manfaatnya, yuk kita buang.

Tags:
author

Author: 

Seorang muslimah yang bercita-cita menjadi shalehah. Berusaha dan terus berusaha

One Response

  1. author

    Emil1 year ago

    waduhhh, ngegosip ye..

    Reply

Leave a Reply