Ini Pekerjaan yang Paling Baik Buat Wanita

Menanggapi pertanyaan pekerjaan yang paling baik buat wanita muslimah? Pertanyaan ini muncul respon artikel baik buruk wanita bekerja. Agak sulit menjawab hal ini untuk sekaligus menunjukan wahai sahabat Muslimah.

Sosiolog terkenal, J.J. Rousseau, pernah mengatakan begini, “Wanita itu tidaklah dijadikan untuk ilmu pengetahuan, untuk hikmat, untuk berfikir, untuk mempunyai keahlian, untuk menjadi sarjana dan tidak pula untuk politik atau untuk tata negara, tetapi ia dijadikan untuk menjadi tukang menyusukan anak dengan air susunya …”

Perkataan yang terdengar sinis, menjadikan pelajaran kalau wanita pada zaman itu sangat tidak diberi kesempatan untuk berkembang sebagaimana layaknya sekarang. Wanita boleh bekerja, asal tidak merusak, dan merubah posisi wanita sebagai makhluk terhormat (baca: 5 rahasia wanita).

Ada dua karakteristik wanita yang tidak dimiliki atau jarang dimiliki oleh laki-laki pada umumnya, yaitu kehalusan dan ketajaman perasaan. Menurut penyelidikan ahli ilmu jiwa dan ilmu pendidikan, bahwa wanita rata-rata mempunyai sifat yang amat berguna bagi urusan pendidikan, yaitu sifat yang jarang didapat pada kaum laki-laki, yaitu sifat kehalusan dan sifat ketajaman perasaan.

Kecocokan wanita sebagai pendidik, memiliki karakteristik yang berbeda dengan kaum laki-laki, khususnya dalam hal pendekatan (approach) dengan sikap lemah-lembut yang melekat pada dirinya.

Setiap proses pendidikan dan pengajaran, menghendaki situasi terjadinya interaksi pendidik serta interaksi belajar mengajar yang harmonis antara guru dengan murid. Dalam kaitan ini, guru dituntut untuk memiliki kepribadian yang sebaik-baiknya sehingga mampu menjadi guru yang tepat dalam setiap peristiwa-peristiwa pendidikan dan pengajaran.

Ilustrasi kelembutan wanita muslimah. Pekerjaan yang tepat buat wanita muslimah adalah yang sesuai dengan karakteristiknya

Ilustrasi kelembutan wanita muslimah. Pekerjaan yang tepat buat wanita muslimah adalah yang sesuai dengan karakteristiknya

Guru wanita dengan karakteristik lemah lebut-nya memberikan ruang yang mudah baginya untuk melaksanakan pendekatan-pendekatan yang sesuai dalam setiap peristiwa belajar mengajar. Memang harus diakui bahwa banyak guru yang tidak memahami apa yang dimaksud dengan hubungan guru dengan murid. Oleh karena itu tidak mengherankan jika mereka mengalami kesulitan dalam menciptakan serta mempertahankan hubungan manusia yang efektif dengan murid-muridnya.

Jika kemampuan guru hanya berkisar pada penguasaan metode, serta perencanaan pengajaran yang baik, belum cukup menjadi jaminan kesuksesan seorang guru mengajar dalam menciptakan proses belajar mengajar yang baik.

Di sinilah kemenangan wanita. Inilah ketepatan kerja bagi wanita. Wanita memiliki kualitas lebih dibanding laki-laki dalam hal pendidikan, meski laki-laki melakukan hal yang sama dalam praktik pengajarannya. Inilah alasan utama, pekerjaan yang paling baik buat wanita muslimah adalah guru. Baik guru di sekolah, guru di lingkungan atau guru di rumah.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.