Ini Manfaat Wanita Memakai Jilbab !

Sebagai muslimah, memakai jilbab adalah kewajiban karena memang sudah diperintahkan oleh yang Maha Kuasa. Semua yang diperintahkan kepada hambaNya, bukan untuk kepentinganNya, tapi manfaat dan keuntungannya akan kembali kepada siapa yang melaksanakan perintah itu. Wanita yang melaksanakan perintah dengan memakai jilbab, maka keuntungan memakai jilbab itu akan dirasakan pelakunya

Manfaat wanita memakai jilbab, sudah disebutkan dalam al-Quran. Manfaat wanita memakai jilbab dapat menutup aurat, mudah dikenal, menghindari gangguan. Adapun manfaat wanita memakai jilbab yang akan disebutkan kali ini, adalah yang tidak disebutkan dalam dalil. Banyak wanita memakai jilbab, di antaranya:

Pertama, mahkota wanita muslimah akan terlindungi dengan jilbab. Bukankah panasnya sinar matahari, faktor debu, polusi, akan membuat rambut menjadi kusam, dan tidak mengkilap? Nah dengan memakai jilbab, mahkota wanita akan senantiasa terlindungi dengan baik. Kilauan rambut alami akan terlihat pada saat yang diperlukan dan kepada orang yang halal melihatnya. (baca: cara merawat rambut muslimah berjilbab)

Kedua, harga diri terjaga dari pemikiran nakal pria tak bertanggungjawab. Laki laki yang pandai konon tahu karakter dan “isi dalam” seorang wanita hanya dengan melihat rambutnya. Rambut menjadi pertanda, misalnya; rambut berambut keriting memiliki nafsu yang menggebu, dan tanda lainnya. Nah wanita memakai jilbab tentu akan terjaga dari prediksi buruk itu, karena rambutnya tidak kelihatan kecuali yang berhak melihatnya. (baca: menyesuaikan jilbab dengan bentuk wajah)

Ketiga, wanita yang memakai jilbab akan senantiasa terermotivasi untuk terus menuntut ilmu dan mengamalkannya. Muslimah yang berjilbab merasa dirinya menjadi alat ukur kebaikan dan kesuksesan. Tuntutan ini sangat bagus karena memacu dirinya untuk senantiasa berlomba meraih prestasi, kebaikan, dan sekuat mungkin menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat mencemarkan nama baik Islam oleh perbuatan dosa dan tercela.

Keempat, wanita memakai jilbab secara tidak langsung menjaga kehormatannya. Ada rasa malu bagi wanita berjilbab untuk senantiasa menyeimbangkan pakaian dengan akhlaknya. Wanita yang memakai jilbab tentu akan merasa malu jalan di tengah malam, malu mengendarai motor dengan duduk kankang, malu berlari, dan hal lainnya. Selain itu, wanita berjilbab dan berilmu merasa selalu diawasi Allah dari segala kemaksiatan.

Kelima, wanita yang memakai jilbab akan mudah memberi ASI pada bayi ditempat umum, ini tentu bagi wanita yang sudah menikah. Dengan jilbab lebar yang menutup dada, sekaligus akan menjadi pelindung dan aurat tetap tertutup. (baca: perbedaan kerudung, jilbab, purdah, hijab)

Keenam, manfaat wanita memakai jilbab adalah menutup sesuatu yang dianggap aib atau beda dari keumuman. Misalnya, rambut wanita berwarna merah, jarang dan terlihat botak, nah dengan jilbab, aib itu tertutupi, dan wanita tetap percaya diri dan beraktivitas penuh semangat.

Sahabat muslimah Indonesia. Betapa banyak manfaat wanita memakai jilbab. Mungkin masih banyak yang penulis belum temukan. Intinya, semua manfaat itu akan kembali kepada wanita yang memakai jilbab itu.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.

One Response

  1. author

    Rumah Jilbab Annisa Ngruki - JIlbab besar jumbo Syari, Cadar dan Non Cadar1 year ago

    semoga bisa istiqomah dan terus memperbaiki jilbabnya hingga sempurna

    Reply

Leave a Reply