Ini Makna Senyum Seorang Muslimah

Hanya karena senyum, seorang laki-laki salah kaprah. Tersebutlah wanita cantik, shalehah, pemalu. Wanita ini senantiasa menjaga kehormatannya. Saat berbicara menunduk, dan tidak ingin melihat hal yang mendekatnya pada kemaksiatan.

Suatu hari, seorang laki-laki datang bersama keluarganya menyampaikan niat baik meminang gadis itu. Keluarganya tidak ada masalah. Saat ia ditanya, wanita itu tersenyum. Seluruh tamu mengucapkan hamdalah tanda rasa syukur. Laki-laki juga sangat gembira, karena memaknai senyum itu sebagai “iya” dari sang gadis.

Namun ternyata semua salah kaprah. Senyum dari gadis tidak bermakna “iya”. Menurutnya, senyum itu hanyalah penghormatannya sebagai tuan rumah kepada laki-laki itu. Sahabt muslimah, begitu mahal makna senyum kepada laki-laki yang bukan mahram. Senyum, memiliki makna berbeda. Salah memaknai senyum, bisa berakibat fatal. Berikut beberapa makna senyum seorang muslimah;

Pertama, senyum di balik kata iya. “Jika seorang wanita muslimah ditanya tentang keinginannya menerima lamaran seorang laki-laki, saat terdiam itu adalah jawaban “iya”. Dan saat tersenyum, maka maknanya adalah “sangat setuju.” Bukan hanya pada persoalan menikah saja, tapi juga pada hal yang melibatkan diri dan perasaan wanita.

Kedua, makna senyum seorang muslimah sebagai maksud tidak ingin mengecewakan. Biasanya senyum ini dibarengi dengan kata tidak setuju, tidak sepakat, tidak mau sebelumnya. Senyum seperti ini bertujuan melindungi diri wanita dari kekhawatiran, orang yang diberi senyum akan kecewa.

Ketiga, makna senyum seorang muslimah yang menggambarkan kebahagiaan, kemenangan, dan dominasi. Senyum seperti ini biasanya datang saat wanita mendapatkan sesuatu yang baik dan tidak disangka-sangka. Wanita mengungkapkan kegembiraannya dengan fantastis, sebuah senyum lebar yang manis.

Keempat, senyum yang menunjukkan kekuasaan. Senyum seperti ini biasanya kelihatan sedikit sinis. Saat wanita merasa berkuasa, dan bertemu dengan wanita yang lain yang memiliki kekuasaan sama dengannya, akan tersenyum dengan senyum seperti ini. Sebaliknya, wanita yang tidak punya kekuasaan akan tersenyum dengan orang lain, entah mereka bahagia atau tidak.

Kelima, makna senyum muslimah yang tidak memiliki makna teertentu tapi untuk tujuan tertentu. Misalnya, senyum serba salah, senyum saat bertemu dengan orang baru, atau senyum untuk tujuan obat.

makan senyum seorang muslimah

Senyum untuk tujuan obat sangat penting, karena berdasarkan hasil riset ilmiah kesehatan, ternyata senyum bisa membuat orang awet muda, bisa menurunkan tekanan darah, dan penangkal dari berbagai macam penyakit.

Sahabat muslimah, senyum dapat memberi semangat dan ketenangan hati yang luar biasa dalam menjalani hidup. Sebuah senyuman mampu memberi energi optimis dan positif. Senyum bisa membawa kebahagiaan (baca: tips mudah merasakan kebahagiaan). Mulailah tersenyum pada orang lain, karena senyum pun adalah ibadah.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.