Ini Gaya Berhijab Muslimah Indonesia, Malaysia, dan Qatar

Wanita boleh mengenakan busana sesuai pilihannya, tapi wanita berhijab akan terkesan lebih terhormat. Tercermin dari perempuan berhijab, seperti seseorang yang menjaga harta miliknya yang paling berharga. Berhijab akan kelihatan lebih santun, keibuan, dan cantik secara fisik. Wajah akan mencolok, aura kewibawaan terpencar dalam balutan hijab. Jika semua wanita ingin tampil cantik sekaligus dihormati, sebenarnya tak ada alasan baginya menolak berhijab. Semua alasan yang dikemukakan hanya sekedar alasan. Alasan klasik, toh yang salah bisa dialasankan apalagi yang benar. (baca: hikmah berhijab)

Salah satu alasan menyudutkan para wanita berhijab adalah bahwa hijab adalah budaya, budaya orang Arab yang belum tentu sesuai dengan iklim tropis orang Indonesia. Alasan ini tentu keliru, karena hijab adalah aturan agama, dan agama tidak melihat sudut geografis pada pemeluknya, tapi melihat pada takwanya. Berhijab dengan niat baik adalah bentuk ketakwaan seorang muslimah terhadap Tuhannya.

Memang dari segi model, warna dan motif, antara negara satu dengan negara lain, kadang memiliki perbedaan. Misalnya gaya berhijab Muslimah Indonesia, muslimah Malaysia, dan muslimah Qatar, sedikit berbeda. Perbedaan gaya itulah yang tradisi, tapi bukan pada pemakaian hijabnya. (lihat: poto gaya hijab)

Gaya berhijab muslimah Indonesia lebih berkembang dibanding negara Malaysia dan Qatar. Para muslimah Indonesia, lebih kreatif memadukan warna dan motif dibanding dua negara tadi. Itulah sebabnya, bisnis busana muslimah di Indonesia lebih berkembang dibanding negara lain.

Muslimah Indonesia saat berhijab terkesan lebih berani tampil cantik dengan hijabnya. Memadupadankan hijab dengan busana dengan apik. Banyaknya tutorial hijab di dunia maya baik yang free maupun yang berbayar adalah buktinya.

pakaian olahraga muslimah (3)

Gaya berhijab muslimah Malaysia, tidak seperti perkembangan yang ada di Indonesia. Konon di Malaysia, masih banyak wanita berhijab, tapi menggunakan baju berlengan pendek. Kepala ditutupi, tapi tangan terbuka.

Jika diamati lebih mendalam, gaya berhijab muslimah Malaysia lebih terfokus pada penggunaan kerudung (baca: perbedaan kerudung, jilbab, hijab, purdah, dan cadar), sehingga kesesuaian antara baju dan jilbab tidak diutamakan. Misalnya, pakaian dress panjang motif bunga, tapi kerudungnya warna kuning polos.

Gaya hijab muslimah Malaysia

Sedangkan gaya berhijab muslimah Qatar boleh dibilang belum ada perubahan dengan hijab yang dulu. Sepertinya, muslimah di Qatar, lebih mengedepankan makna jilbab sebagai penutup aurat, pelindung, penjaga martabat, dan tak ingin merusaknya dengan tren dan gaya berhijab terkini.

Gaya berhijab muslimah Qatar, secara umum memakai gamis panjang, hijab lebar, dan bercadar. Dari sisi warna, umumnya mereka memakai warna gelap tanpa motif.

Gaya berhijab muslimah qatar

Menurut para desainer, kini banyak wanita muslimah dari berbagai negara seperti Malaysia dan Qatar mengagumi gaya berhijab muslimah Indonesia. Kekaguman itu dilandasi bahwa hijab muslimah Indonesia lebih variatif dan lebih cantik.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.