Ini Cara Melindungi Rumah dari Gangguan Setan

Sebagai seorang muslimah, rasa takut adalah hal wajar. Wanita muslim adalah makhluk perasa yang berharap senantiasa dilindungi. Itulah sebabnya, wanita memiliki rasa takut lebih dominan dibanding pria. Rasa takut itu terkadang muncul meski berada pada tempat sendiri, seperti di rumah.

Pernah merasa takut di rumah bukan? Kala sendiri, listrik padam, hujan, guntur menggelegar. Atau terkadang kita takut masuk pada sebuah rumah karena rumah itu diganggu oleh setan. Nah, bagaimana agar rumah tidak diganggu setan, iblis, dedemit, tuyul dan sejenisnya ? artikel ini akan membahas hal itu. Simak ya…

Rasul saw sebenarnya mengajarkan tips agar rumah kita senantiasa aman dari gangguan setan. Misalnya dalam hadis beliau yang diriwayatkan Jabir bin Abdullah, “Bila hari telah senja tahanlah anak-anakmu untuk tidak keluar rumah karena pada waktu itu banyak setan berkeliaran. Bila waktu telah berlalu, biarkanlah mereka, tutuplah pintu-pintu rumah, sebutlah nama Allah, karena setan tidak dapat membuka pintu-pintu yang tertutup. Tutuplah tempat minum dan sebutlah nama Allah, tutuplah bejana-bejana kalian dan sebutlah nama Allah, walau dengan meletakkan sesuatu di atasnya, dan matikan lampu-lampu.”

Dari hadis itu, ada beberapa poin yang bisa diambil dalam rangka melindungi rumah dari gangguan setan; pertama, waktu senja adalah waktu rawan setan mengganggu manusia. Setan itu bisa masuk ke rumah bersama anak-anak, atau penghuni rumah yang baru datang dari luar. Setan akan mengikuti apalagi jika kita dalam keadaan tak bersih. Olehnya itu, cucilah kaki, wajah, badan, mandilah sebelum masuk ke dalam rumah.

Kedua, menutup pintu rumah. Tujuannya agar setan dan sejenisnya merasa tidak diundang masuk. Perlu diketahui, jumlah mereka sangat banyak, dan bisa berada di mana saja. Penghuni rumah harus mengantisipasi diri dengan tidak memberikan peluang kepada mereka meski hanya merasa tidak diundang.

Ketiga, senantiasa berzikir menyebut nama Allah. Setan dan sejenisnya tidak bisa mengganggu manusia dari atas dan bawah. Dari atas bermakna rajin menengadahkan tangan, dan dari bawah bermakna rajin bersujud menghamba kepadaNya (baca: rahasia basmalah buat muslimah).

Sebuah poto dalam rumah yang memperlihatkan setan berdiri di sudut rumah. Terlihat seorang wanita lewat tanpa mengetahui kehadiran setan itu. Sumber www.avanzaxenia.net

Sebuah poto dalam rumah yang memperlihatkan setan berdiri di sudut rumah. Terlihat seorang wanita lewat tanpa mengetahui kehadiran setan itu. Sumber www.avanzaxenia.net

Sahabat muslimah. Rumah adalah tempat berteduh bagi kita, tempat beristirahat dan tempat untuk mendapatkan kehangatan di tengah keluarga kita. Oleh karena itu, kita sangat mendambakan rumah yang nyaman, aman, damai dan tenang, jauh dari gangguan setan. Tak perlu menmpuh cara-cara yang syirikan untuk melindungi rumah dari gangguan setan, karena Nabi saw telah mengajarkan kita untuk itu.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.