Ini 5 Hal yang Lebih Disukai Bayi

Pernahkah sahabat muslimah memerhatikan bayinya? Si kecil dengan aktifitas pribadinya ternyata memiliki kesukaan berbeda yang jika dipahami akan memudahkan bagi ibu untuk membuat bayinya senang.

Perlu diketahui, dalam tindakannya saat bermain, bergerak, si kecil lebih mementingkan sisi estetika. Ternyata, si kecil punya kriteria lain sebagai syarat hal itu disukainya. Bayi dalam bemain cenderung tertarik pada lima hal berikut ini.

Pertama, bayi menyukai sesuatu sangat kontras. Hasil penelitian direktur Infant Perception Laboratory pada Duke University di Durham, North Carolina, Amerika Serikat, Amy Needham, Ph.D., membuktikan bahwa kemampuan bayi baru lahir berbeda dengan bayi yang lebih besar. Bayi yang baru lahir lebih mudah memilih warna terang dibanding yang buram. Meski belum bisa membedakan warna yang ada, tapi kemampuan itu sangat dipengaruhi oleh kekontrasan warna.

Itulah sebabnya, bayi yang berusia antara tiga atau empat bulan, sangat menyukai warna yang kontras. Warna bergaris hitam dengan dasar putih akan lebih disukai bayi dibanding yang cuma sewarna dan tipis pula. Artinya warna kontras jelas menantang bagi bayi.

Kedua, wajah yang dikenalnya. Tatapan mata yang penuh cinta dari sang bunda, berbinar mengembang dengan penuh kasih, ternyata menanamkan kesukaan tersendiri pada bayi. Bayi baru lahir belum bisa menatap dalam-dalam ke mata Anda dengan penuh cinta. Ia hanya tertarik pada mata dibandingkan warna kulit ibunya. Karena pada mata ada obyek yang kontras, maka bayi akan lebih suka kepada ibunya, karena ibu adalah orang yang paling dikenalnya.

Ketiga, bayi menyukai cermin. Coba ambil cermin besar dan letakan di depan bayi. Meski bayi belum mengenal kalau yang dilihatnya adalah wajahnya, tapi dia akan berusaha meraih cermin itu (baca: doa agar anak menjadi saleh dan salehah)

hal yang lebih disukai bayiKeempat, bayi akan lebih menyukai bunyi-bunyian. Suara adalah sumber perhatian. Itu sebabnya mengapa banyak sekali mainan bayi dan anak-anak diciptakan dengan variasi bunyi-bunyian. “Bayi memang sangat suka pada suara-suara,” demikian ungkapan ucap Gerald McRoberts, berdasarkan hasil penelitian profesor psikologi pada Lehigh University, Bethlehem, Pennsylvania. Di balik semua itu, mainan bayi semacam rattle merupakan penghasil bunyi pertama paling sempurna.

Kelima, bayi akan lebih menyukai gerakan kontras dan baru dilihatnya. Seorang ibu akan mengenal bayinya dengan kesukaan ini. Bisa dibuktikan dengan meletakan bayi di bawah kipas angin, maka bayi terpikat pada kipas angin yang tergantung di langit-langit. Sesuatu yang dapat bergerak selalu membuatnya terpesona. Tak pernah terlihat sama, bahkan selalu terlihat baru. (Baca: baik buruk wanita bekerja)

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.