Hukum Wanita Muslimah Terkait Mahram

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mahram adalah seorang yang haram menikah dengannya. Definisi itu sekaligus menjadi satu ketetapan hukum, bahwa dilarang menikah dengan mahram.

Untuk memahami lebih lanjut hukum wanita muslimah terkait mahram, dapat di lihat di bawah ini:

Pertama, wanita muslimah tidak boleh menikah dengan mahramnya. Hal ini berdasarkan ketentuan yang sudah ditegaskan Allah swt dalam surah An Nisa, ayat 22 sampai 23. (baca: suami itu bukan mahram)

Kedua, wanita muslimah tidak boleh bepergian kecuali dengan mahramnya. Hal ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim “Tidak halal bagi wanita yang beriman pada kepda Allah dan hari akhir untuk mengadakan safar sehari semalam tidak bersama mahramnya.”

Ketiga, wanita muslimah tidak boleh berduaan kecuali bersama mahramnya. Hal ini berdasarkan hadis yang juga diriwayatkan Bukhari dan Muslim, “Janganlah seorang laki-laki berkhalwat (berduaan) dengan seorang wanita kecuali bersama mahramnya”.

Keempat, wanita muslimah tidak boleh memperlihatkan auratnya kecuali kepada mahramnya (sesuai dengan batasan). Hal ini sudah dibahas dalam tulisan sebelumnya. (baca: mahram itu apa sih? )

Ilustrasi

Ilustrasi

Kelima, wanita muslimah dilarang bersentuhan, termasuk berjabat tangan kecuali dengan mahramnya. Hal ini sepertinya sulit dihindari dan sulit lagi berubah, melihat kenyataan sosial dan menganggap hal ini sudah biasa. Padahal Nabi saw bersabda, “Seandainya kepala orang ditusuk jarum dari besi itu lebih baik daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya.” (HR. Thabrani dan Rauyani. Hadits Hasan).

Sahabat muslimah, menjadi taat itu pasti sulit ditambah godaan maha dahsyat dari syaithan yang terkutuk. Terkait masalah mahram, harap diperhatikan dengan baik dan benar. Lakukan dengan hati hati, biasakan, dan sedikit demi sedikit. Insya Allah rahmatNya selalu bersama kita. Amin

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Seorang muslimah yang bercita-cita menjadi shalehah. Berusaha dan terus berusaha