Cinta Itu Sebenarnya Apa Sih? Cinta Adalah …. Baca Artikel Ini !

Kata cinta adalah kata sakti yang memenuhi bagian manusiawi kita terutama bagi yang mereka yang baru beranjak dewasa. “Aku jatuh cinta sama pria itu.” “Aku suka sama pria itu.” Dua kalimat yang maknanya bisa jadi sama, bisa juga beda. Mari kita pahami makna cinta sebanarnya.

Dalam bahasa Arab, cinta itu berasal dari kata “hubbun”, yang berarti tumbuh. Dari makna bahasa seperti ini maka cinta itu, tidak muncul secara instant. Tapi perasaan cinta itu muncul sedikit demi sedikit. Cinta tumbuh dari hal kecil, tumbuh membesar, kemudian menjadi cinta. Bahkan bisa jadi cinta awalnya dari benci. Jangan percaya, sekali melihat, langsung berkata, “saya jatuh cinta.” Imposible!.(baca: tetap cinta siapapun pasangan kita)

Cinta adalah puncak perasaan suka yang tidak ada lagi perasaan menyukai, menyenangi, menginginkan, menghendaki, menggemari, memenuhi, mengutamakan, mengasihi, menyayangi, dll, yang lebih dari cinta. Orang yang mencintai, maka dia menyukai, menyenangi, menginginkan, menghendaki, menggemari, memenuhi, mengutamakan, mengasihi, menyayangi, dll, lebih dari yang lain. Itulah sebabnya, sangat berbahaya mencintai selain kepada yang Maha Kuasa. Karena itu berarti menempatkan yang kita cintai itu di atas segalanya. Menyukai boleh….

Itu dari sisi bahasa. Beda dengan makna cinta dari sisi istilah. Qayyim al-Jauziyyah mengatakan bahwa, “tak ada yang bisa mendefinisikan cinta selain cinta itu sendiri.” Artinya cinta hanya bisa dipahami oleh orang yang sedang mencintai. Tak bisa mengurai cinta seseorang, karena perasaan cintanya hanya bisa diukur dengan cintanya itu.

cinta adalam muslimah cantik berhijab

Lalu bagaimana bisa mengukur atau bagaiaman kita bisa tahu jika seseorang mencintai kita. Misalnya nih, ada pria terganteng (baca: pria terganteng di dunia yang pernah ada) menyatakan cinta dan ingin melamar kita? Nah, mari kita gunakan makna cinta dari sisi bahasa saja. Lihat, apakah dia mengutamakan kita di atas yang lain? Mengasihi kita di atas yang lain? Dst. (baca: kisah cinta wanita muslimah)

Sahabat muslimah, berhati hatilah salah memaknai cinta. Karena dalam bahasa ada yang serupa dengan cinta yaitu, “’isyq”. Isyq adalah perasaan mencintai sesuatu sehingga yang dicintai tidak pernah hilang sekejap pun dalam khayal dan pikirannya. Cinta seperti inilah yang membuat wanita biasa bunuh diri jika patah hati. Keseharian hanya yang dicintainya yang selalu hadir. Ini adalah penyakit, obatilah dengan taubat dan istighfar.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.