Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Masa pertumbuhan pada anak memang dibutuhkan perhatian yang lebih. Mulai dari perkembangan secara fisik maupun secara mental. Pada usia anak-anak merupakan masa yang tepat untuk dapat membentuk karakter anak yang optimal.

Memberikan gizi yang seimbang untuk perkembangan yang optimal. Tetapi terkadang hal tersebut menjadi sedikit sulit bagi para Ibu Muslimah, apabila anak-anak mereka susah makan. Padahal dari makanan tersebut anak-anak mendapatkan gizi yang cukup. Anak-anak cenderung memilih makanan yang mereka sukai yang terkadang tidak memiliki kandungan yang cukup. Lalu bagaimana mengatasi kondisi seperti ini?

Beberapa tips mengatasi anak susah makan, diantaranya :

Jangan memaksa anak

Anak sudah memiliki hak, termasuk dalam memilih makanan tugas orang tua adalah mengenalkan makanan yang bergizi kepada anak, agar ketika anak sudah mulai bisa memilih makanan apa yang ingin dimakan, akan sedikit kemungkinannya untuk memilih makanan yang kurang sehat.

Memperkenalkan makanan baru secara bertahap

Memperkenalkan makanan baru kepada anak tidak dapat dilakukan ketika tidak memiliki waktu banyak. Anak akan merasa aneh dan akan tidak menyukai makanan tersebut jika memintanya untuk mencoba makanan baru ketika akan berangkat sekolah atau di waktu dimana dia tidak memiliki banyak waktu untuk mengenal jenis makanan baru tersebut

Membuat suasana ketika makan senyaman mungkin

Suasana ketika makan juga mempengaruhi anak dalam makan. Membuat suasana makan siang bersama dengan menonton televise atau dengan berdiskusi ringan dapat menimbulkan ketertarikan kepada makanan tersebut.

Orang tua wajib memberi contoh

Sebagai orang tua, kewajibannya adalah memberikan yang terbaik kepada anak. termasuk dalam pola makan. Pola makan yang teratur yang biasa orang tua lakukan akan dapat menjadi contoh nyata bagi anak.

Variasi dalam makanan

Terkadang anak cepat bosan dengan jenis makanan tertentu. Bagi para Ibu Muslimah, mungkin dengan memberikan variasi pada makanan mampu meningkatkan nafsu makan anak. seperti membuat penyajian makanan yang lucu.

Sumber: pickyeatersclinic.com

Sumber: pickyeatersclinic.com

Anak susah makan terkadang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi orang tua. Banyak asupan vitamin yang terkandung didalam makanan tersebut, jika anak susah makan hal tersebut akan mengurangi asupan vitamin ketubuh anak. Selain mengenali beberapa cara untuk mengatasi anak susah makan, ada 2 faktor yang menyebabkan anak susah makan, yaitu :

Faktor fisik

Terkadang anak merasa tidak nyaman pada organ pencernaannya atau bisa karena infeksi dalam tubuh anak. oleh karena itu, orang tua sebaiknya menanyakan apakah anak merasakan ada yang tidak nyaman pada organ pencernaannya.

Faktor psikis

Faktor psikis berhubungan dengan psikologis anak. seperti suasana makan yang kurang nyaman, ketika waktunya makan mereka selalu dipaksa atau anak sedang sakit. Sebagai orang tua harus mampu memahami kondisi ini, membuat suanan menjadi nyaman.

Oleh karena itu para Ibu Muslimah, memahami secara detail tentang penyebab anak susah makan tidak hanya datang karena faktor makanan yang kurang disukai anak saja, tetapi juga dapat berhubungan dengan kesehatan anak maupun keadaan ketika makan itu sendiri.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.