Cara Menerima Kekurangan Pasangan

Sudah jelas disebutkan dalam al-Quran kitab yang mulia, bahwa manusia diciptakan Tuhan sebagai mahluk yang sempurna. Kesmpurnaan manusia adalah sempurna dibanding makhluk lainnya. Kesempurnaan manusia adalah perpaduan antara kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya.

Manusia sebagai makhluk sosial akan senantiasa berinteraksi dengan manusia lain. Seperti dalam kehidupan rumahtangga, antara suami dengan isteri. Semakin lama kebersamaan suatu pasangan, maka kekurangan pasangan akan semakin dirasakan. Lalu bagaimana cara menerima kekurangan pasangan kita?

Idealnya sebuah pasangan adalah mensyukuri kelebihan dan menerima kekurangan, tapi itu tidak mudah, diperlukan kiat menerima kekurangan pasangan. Dengan itu, maka hubungan suatu pasangan akan makin harmonis (baca: menyambut suami pulang kerja, why not?).

Pertama, cintailah pasangan karena kekurangannya. Lho? Iyyah… pasangan terbaik adalah kelebihan yang menutupi kekurangan. Pria yang memiliki kekurangan tidak sabaran, maka akan ditutupi dengan kelebihan pasangannya sebagai wanita yang sabar. Wanita yang mampu mensinergikan kelebihan yang dimilikinya dengan kekurangan pasangannya, pada dasarnya dia mencintai dirinya sendiri. Karena pasangannya pun akan demikian.

Seorang wanita melihat kelemahan suaminya sebagai pemalas, tak perlu berkeluh kesah, karena Tuhan telah menyediakan dalam diri wanita itu hal yang menutupi rasa malas itu. Entah sifat rajin, atau bentuk lain. Berusahalah mencintai bukan karena kelebihan, tetapi bagaimana mencintai kekurangan.

Kedua, lihat kekuranganmu sebelum melihat kekurangan pasanganmu. Tak mudah menerima kekurangan pasangan dibandingkan dengan menerima kelebihannya. Kita terkadang terlalu egois, hanya mau menerima kelebihan pasangan, tapi tak mau mempelajari kekurangannya. Padahal untuk mengatasi hal itu, kenali terlebih dahulu kekurangan yang ada pada dirimu.

Kembali kepada pondasi awal. Tak ada manusia yang tak memiliki kekurangan. Seperti kamu mendapatkan kekurangan pasanganmu, kemungkinan kamu sedikit lalai melihat kekurangan dirimi sendiri, karena itu pasti ada.

Ketiga, berusahalah menemukan kelebihan pasangan. Alangkah indahnya mencari kelebihan orang lain, bukan justeru mencari kekurangannya. Ketika mendapatkan kelebihan pasangan, maka cinta, sayang, akan semakin tumbuh berkembang.

Ilustrasi

Ilustrasi

 

Sahabat muslimah, ketahuilah, dengan menemukan kelebihan pasangan, maka secara tidak langsung kita mencoba menemukan kekurangan kita. Pelajarilah kekurangan itu untuk tidak membandingkan kekurangan pasangan kamu dengan orang lain yang bisa saja mengacu retaknya suatu hubungan.

Karena cinta adalah kepercayaan, apapun yang kau berikan, itu adalah kelebihan. Apapun yang kau berikan, itu adalah jawaban kekurangan-ku.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.