Cara Agar Doa Muslimah Terkabul

Seorang wanita hidup dengan perasaannya. Karena itu pulalah, apa yang diminta, didoakan oleh perempuan, ikhlash dengan perasaannya, doanya akan terkabul. Doa muslimah dengan nuraninya menggetarkan langit ketujuh. Muslimah yang tergerak berdoa dengan nuraninya, akan memerlihatkan kesungguhan dari caranya. Doa itu pasti terkabul.

Ini adalah jawaban pertanyaan bagaimana cara agar doa muslimah terkabul? (baca: penyebab doa tidak terkabul) Sejarah mencatat kisah Khaulah, seorang sahabat Nabi saw, yang karena doanyalah, wahyu diturunkan.

Khaulah adalah istri dari Ubadah bin Shamit, yang dikenal dengan Aus bin Shamit bin Qais. Aus adalah sahabat Nabi saw yang tergolong dekat. Kemapanpun Rasul saw pergi, pasti Aus mengikutinya, termasuk pada perang Badar.

Saat perang Badar, keluarga Khaulah dan Aus didera masalah. Sampai pada puncak kemarahan itu Aus berkata pada Khaulah, “Bagiku, engkau ini seperti punggung ibuku.” Lepas dari perkataan itu, Aus keluar, dan saat kembali, dia ingin menggauli Khaulah seperti layaknya suami isteri. Kesadaran dari perasaan Khaulah sebagai seorang muslimah menolak itu. Khaulah berkata, “Tidak… jangan! Demi aku yang berada dalam kuasa-Nya, engkau tidak boleh menjamahku sampai Allah dan Rasul-Nya memutuskan hukum tentang peristiwa yang menimpa kita.”

Khaulah laliu menemui Rasul saw untuk meminta fatwa. Rasul saw bersabda, “Saya belum pernah mendapatkan perintah berkenaan dengan urusanmu tersebut… aku tidak melihat melainkan engkau sudah haram baginya.”

Atas jawaban itu, Khaulah kemudian senantiasa mengangkat kedua tangannya ke langit berdoa dalam kesedihan dan kesusahan hatinya. Beliau berdoa, “Ya Allah sesungguhnya aku mengadu tentang peristiwa yang menimpa diriku.” Doa ini tak henti-hentinya dipanjatkan, hingga suatu hari Rasul saw pingsan karena menerima wahyu.

Saat sadar, Rasul saw bersabda, “Wahai Khaulah, sungguh Allah telah menurunkan ayat al-Quran tentang dirimu dan suamimu.” kemudian beliau membaca firman Allah surah al-Mujadalah ayat 1 sampai 4 yang artinya, “Sesungguhnya Allah telah mendengar perkataan wanita yang mengajukan gugatan kepada kamu tentang suaminya, dan mengadukan (halnya) kepada Allah. Dan Allah mendengar soal jawab antara kamu berdua. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat…..” sampai firman Allah: “Dan bagi orang-orang kafir ada siksaan yang pedih.”

cara-agar-doa-musliamh-terkabul

Apa hikmah dari kisah ini ? salah satunya, kita melihat betapa ampuhnya doa dari seorang wanita muslimah. Doa dari rintihan kejujuran, doa dengan bahasa nirani. “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu”, demikian firman Allah pada surah al-Mu’min ayat 60. Tuhan tentu tahu, yang mana doa untuk kepentingan dan yang mana doa untuk kebutuhan. Ungkapan nurani adalah kalimat yang mewakili kebutuhan.

Sahabat Muslimah Indonesia, Tidak semua doa langsung dikabulkan oleh Allah. Ada faktor-faktor yang menyebabkan doa dikabulkan, diantaranya: ikhlash, tidak memerintah Sang Pengabul Doa, mengawali doa dengan pujian, khusyu’, dan penuh kesungguhan hati.

Dari faktor penyebab doa dikabulkan, karakter wanitalah yang mudah mendapatkannya. Wanita mudah ikhlash, karena dia bergerak dengan perasaanya. Wanita tidak suka memerintah, apalagi memerintah yang Maha Kuasa. Wanita jarang memuji, tapi tatkala memuji, itu adalah kejujuran. Muslimah juga mudah khsuyu, apalagi bersungguh-sungguh.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.