Cara Agar Anak Hidup Hemat

Satu hal yang sebaiknya diajarkan oleh ibu muslimah pada anak semenjak dini adalah hidup hemat. Mengajarkan kebiasaan anak hidup hemat sangat penting karena akan membuat anak belajar untuk tidak boros. Dengan begitu ketika dewasa nanti, anak akan menjadi individual yang pandai mengelola uang. Memang agak susah untuk mengajarkan anak untuk berhemat, tapi ada beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para ibu muslimah yaitu:

Belanja hemat bersama anak

Ketika ibu muslimah pergi berbelanja bersama anak sebaiknya membeli apa yang diperlukan saja, jangan membeli barang-barang yang tidak terlalu penting. Dengan begitu anak akan melihat bahwa membeli barang-barang tidak bisa seenaknya, harus disesuaikan kebutuhan.

Ajari anak menabung

Salah satu cara untuk berhemat tentu saja adalah menabung. Mula-mula, ibu muslimah bisa mengajarkan anak untuk menabung uang mereka di celengan. Ketika agak besar sedikit bisa diajarkan menabung di bank.

Beritahu cara mendapatkan uang

Agar anak lebih menghargai uang, orang tua pun bisa menunjukkan pada mereka bagaimana susahnya orang dewasa bekerja demi mendapatkan uang. Tunjukkan juga bagaimana kedua orang tuanya bekerja dan bagaimana dengan susah payah berhemat demi kebutuhan si kecil. Selain itu bisa juga ketika sedang dalam perjalanan ke suatu tempat, ada orang yang bekerja di pinggir jalan, ibu muslimah menunjukan kepada si kecil bahwa seperti itulah kerja, berat dan kadang mereka tidak dibayar banyak. Dengan ditunjukkan hal yang seperti itu, insyaallah anak akan merasa malu pada dirinya sendiri dan mulai belajar berhemat serta menghargai uang pemberian orang tua.

Membandingkan harga

Anak bisa mencontoh orang tua ketika orang tua sedang membandingkan harga ketika ingin membeli sesuatu. Apakah harus membeli yang lebih mahal atau yang lebih murah dengan barang yang sama. Jika orang tua menunjukkan pilihan yang tepat dan bijak dalam memberi barang, anak pun akan terbiasa untuk belajar membandingkan harga terlebih dulu sebelum membeli suatu barang, memilih mana yang bisa membuat mereka lebih berhemat.

anak hidup hemat

Membiasakan diri belanja dengan uang tunai

Meskipun orang tua mempunyai kartu kredit yang bisa dibawa kemana-mana di dalam dompet, ada baiknya untuk menggunakan uang tunai ketika sedang belanja bersama anak. Jangan membayar di depan anak dengan menggunakan kartu kredit karena nanti ketika dewasa, anak akan dengan mudah meniru perilaku orang tuanya. Dengan membeli dan membayarnya dengan uang tunai, ibu muslimah bisa lebih mudah dalam memberikan ajaran hidup hemat pada anak. Lalu setelah itu sisa uang tunai tersebut bisa ditabungkan.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.