Beberapa Makanan yang Baik Disantap Saat Menstruasi

Semua wanita pastinya pernah merasakan yang namanya menstruasi atau yang bisa juga disebut dengan datang bulan atau juga Haid. Pada saat terkena mestruasi inilah wanita sering merasakan keadaan yang tidak nyaman bagi mereka. Efek tersebut meliputi cepat merasakan kelelahan ketika bekerja, Sakit kepala sebelah, sering merasakan sedih dengan cepat, emosinya pun terkadang menjadi labil hingga sering marah-marah.

Beberapa wanita justru merasakan hal yang lebih parah pada fisiknya, misalnya saja sakit perut bahkan lebih dari sakit perut bisa jadi perut mereka pun sampai kram saking sakitnya. Atau bisa juga perasaan mereka yang menjadi gelisah sehingga untuk melakukan hal apapun bisa menjadi tak semangat dan tak nyaman lagi.

Oleh sebabnya bagi para wanita, beberapa makanan di bawah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena menurut beberapa sumber terpercaya di internet dapat membuat efek-efek datang bulan yang tidak nyaman tersebut menjadi berkurang. Beberapa makanan tersebut meliputi :

1. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Beberapa makanan yang mengandung zat karbohidrat kompleks ini meliputi buah-buahan, sayur-mayur dan gandum utuh. Dengan mengkonsumsi ini akan membuat anda terhindar dari mengkonsumsi makanan lain yang mengandung banyak zat gula hingga membuat efek menstruasi anda menjadi bertambah.

2. Coklat Murni

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa minuman cokelat sendiri mengandung zat yang bisa menjadi pemicu percepatan pertumbuhan Serotinin yang merupakan hormon yang mengatur mood baik pada diri seseorang. Oleh sebabnya, dengan mengkonsumsi cokelat murni anda diharapkan bisa menstabilkan mood anda hingga tak gampang marah-marah atau bersedih meskipun sedang dalam keadaan haid.

3. Makanan Bervitamin

Jika anda sedang dalam keadaan haid sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin. Hal ini tentu saja agar meskipun dalam keadaan haid anda tetap tidak kekurangan zat vitamin yang dibutuhkan oleh diri anda. Pada saat haid, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung banyak vitamin E yang biasanya terdapat pada kuning telor atau buah avokad, vitamin B6 dan juga tentunya vitamin C.

4. Jauhi Makanan Berkafein

Pada saat haid anda disarankan agar tidak mengkonsumsi minuman kopi dulu. Pasalnya zat kafein yang terdapat dalam kopi sendiri bisa menimbulkan efek PMS yang lebih parah lagi. Oleh sebabnya dianjurkan bagi para wanita yang sudah terbiasa minum kopi untuk mengganti minuman kopinya saat haid dengan minuman lain semisal, teh, cokelat, dan juga susu.

5. Makanan yang Mengandug Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial sendiri biasanya didapatkan pada makanan-makanan semisal ikan, biji labu, atau juga kwaci, serta berbagai jenis biji-bijian lainnya yang biasanya dikonsumsi. Fungsi dari asam lemak esensial sendiri adalah sebagai perelaksasi otot-otot uterus. Hal ini tentunya berdampak pada kurangnya kram yang anda rasakan ketika nyeri haid datang pada anda.

6. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Beberapa makanana yang mengandung zat besi disini antara lain adalah sayur bayam dan berbagai jenis makanan lain yang tentunya juga anda ketahui memiliki kandungan zat besi. Hal ini sendiri disarankan agar anda terhindar dari masalah anemia ketika anda sedang haid yang pastinya mengalami pengurangan pada sel darah anda.

Demikian beberapa makanan yang dapat membuat masalah-masalah yang anda sering alami ketika haid menjadi berkurang. Semoga saja artikel ini bisa membuat anda menjadi terinspirasi dan semoga bemanfaat tentunya bagi siapa saja yang membutuhkannya. Selamat mencoba

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.