Hukum Membaca al-Quran Tanpa Wudhu

Sahabat muslimah Indonesia. Dalam kehidupan, ada berapa hal yang menjadi perintah wajib, dan beberapa hal yang sunah, salah satunya adalah membaca al-Quran. Membaca al-Quran, jika menjadi kebiasaan akan mudah dilakukan, terbiasa, bahkan akan terasa wajib. Kita akan merasa bersalah jika tidak membaca al-Quran sehari saja. Saat menunggu masakan matang, saat menidurkan bayi, atau waktu senggang lainnya yang bias dibaerengi aktivitas membaca al-Quran.

Mudahnya perbuatan karean kebiasaan itulah sehingga terkadang kita lupa akan wudhu. Muncullah sebuah pertanyaan, bagaimana hukum membaca al-Quran tanpa wudhu?. Ulama sepakat atas hal ini dengan berdasarkan ayat al-Quran; “Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.” (al-Wa-Qiah: 79). Dan yang dimaksud dalam ayat ini yakni orang-orang yang suci dari semua hadas, najis dan syirik.

Ada dua hal yang mempengaruhi hukum membaca al-Quran tanpa wudhu ini. Pertama: jika seorang membaca al-Quran dengan menghapalkannya, maka dibolehkan. Hal ini berdasarkan riwayat, bahwa Rasul saw terkadang membaca al-Quran tanpa wudhu.

wanita membaca al-Quran

Kedua: jika tidak mampu menghapal ayat al-Quran, dalam artian membaca al-Quran dengan memegang mushaf, maka harus dengan wudhu. Hal ini berdasarkan pada hadis Nabi saw yang dimuat dalam surat kepada pegawainya yang bernama Amru bin Hizam, yang mengatakan, “Tidak boleh menyentuh al-Quran kecuali orang yang dalam kondisi suci.” Hadis ini sebagaimana dinukilkan dalam kitab Muwaththa karangan Imam Malik.

Jadi, yang menjadi dasar dari hukum membaca al-Quran, adalah mushafnya, dipegang atau tidak. Jikalau ingin membaca al-Quran tanpa wudhu, berarti ada dua cara, pertama; menghapalkannya, dan kedua; menyentuh mushaf dengan melapisi al-Quran itu dengan kain atau pelapis lain.

Semoga bermanfaat

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.