Aurat Wanita Terlihat di Hadapan Anak-anak, Boleh Atau Tidak?

Pada pembahasan sebelumnya, sudah diuraikan batasan aurat di hadapan suami dan sesama wanita. Jelas bahwa, aurat wanita di hadapan suaminya itu tanpa batas. Berbeda dengan aurat wanita di hadapan wanita lainnya, ulama berbeda pendapat. (silahkan baca: hukum aurat wanita di hadapan suami dan wanita lain).

Sahabat muslimah, pada tulisan kali ini, akan kita ulas mengenai hukum aurat wanita terlihat di hadapan anak-anak. Alangkah mulia agama Islam yang kita anut. Semua sudah diatur sedemikian rupa, sehingga batasa aurat wanita terliaht di hadapan anak-anak pun ada ketentuannya. Dan manfaat atas mejalankan itu akan kembali kepada siapa yang menjalankannya.

Ada dua ketentuan tentang hal ini; pertama hukum aurat wanita terlihat di hadapan anak yang belum mengerti hal dewasa, belum mengetahui persoalan hubungan laki-laki dan perempuan, dan belum memasuki masa pubertas, maka aurat wanita boleh terlihat, meski harus tanpa unsur kesengajaan. Misalnya, seorang anak yang belum baligh, belum pubertas, atau belum mengerti hal dewasa, tiba-tiba masuk ke kamar wanita muslimah dan melihat auratnya. (baca juga: hukum menyusui di hadap mahram)

muslimah di depan anaknyaKedua, jika seorang anak sudah memasuki masa pubertas, atau paling tidak sudah dekat masuk masa pubertas, maka aurat wanita dihadapan anak seperti itu, hukumnya haram. Demikian pula, seorang anak yang sudah mengerti mengenai hal dewasa, misalnya mengetahui hal itu melalui tontonan atau gambar secara visual, anak yang dapat membedakan antara wanita yang cantik dan yang tidak cantik, maka dia tidak boleh masuk ke dalam ruangan wanita dengan sengaja.

Tags:
author

Author: 

Seorang muslimah yang bercita-cita menjadi shalehah. Berusaha dan terus berusaha