Aku Bukan Muslimah Berkualitas ?

Berbicara tentang muslimah berkualitas, rasa pesimis kita terkadang masih merasa kurang baik sehingga nggak bersemangat dalam menjadi makhluk yang berbahagia, ceria dan juga kuat.

Pun saat berbicara tentang kualitas, ketika kita merasa tidak bersemangat dalam menjalani hidup tentunya kita perlu tahu satu hal bahwa Alquran sendiri telah mengakui bahwa setiap manusia merupakan ciptakan Allah yang paling sempurna. Tidak ada yang menandingi kesempurnaan manusia sampai-sampai Allah meminta malaikat, jin dan seluruh makhluk untuk tunduk kepada Adam saat pertama kali Adam diciptakan karena saat itu juga Allah menunjukknya sebagai khalifah di muka bumi, sebagai yang dipercaya mengemban amanah memelihara semua yang ada di bumi. Ketika kita dipercaya, maka Allah mengetahui bahwa manusia harusnya menjadi pribadi yang kuat.

Dengan diciptakannya manusia, tentu kita juga telah ditakdirkan memiliki potensi yang luar biasa dalam mengubah kehidupan. Kita juga memiliki banyak kesempatan untuk menemukan kebahagiaan menjadi seorang muslimah kapanpun dan dimanapun itu. Lalu, bagaimana jika kita merasa bahwa kita bukanlah muslimah yang berkualitas?

Berkualitas atau tidaknya sebenarnya bergantung pada bagaimana cara kita mengolah apa yang telah diberikan Allah dalam diri kita. Setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan juga tentunya satu-satunya cara untuk mensyukuri nikmat tersebut adalah dengan mengembangkan diri menjadi manusia yang lebih bagus.

Hal yang perlu kita katakana pada diri sendiri adalah mungkin iya kita tidak sebaik yang terlihat pada oranglain. Namun, hal ini memberikan hal yang sangat luar biasa untuk kehidupan kita. Ya, seperti yang dikatakan oleh Allah dalam firmannya bahwa sangat dianjurkan bagi seorang wanita muslimah untuk terus berlomba-lomba dalam kebaikan.

Artinya, kita dilarang merasa pesimis. Allah juga menyayangkan sikap kita yang putus asa ataupun marah dengan diri kita sendiri karena dengan demikian kita akan menjadi makhluk yang mengkufuri nikmatNya.

Tidak ada salahnya bagi kita untuk selalu mencoba menjadi yang lebih baik, misalnya dengan mempelajari dan mencari tahu mengapa oranglain seperti lebih bahagia atau lebih baik dibandingkan kita. Sebenarnya, Allah memiliki cara yang berbeda-beda dalam memberikan kebahagiaan terhadap seluruh hambaNya. Ada yang sengsara, tetapi memiliki kesabaran, usaha yang keras dan juga sangat menerima apa yang diberikan Allah sehingga sengsara pun tidak menjadi masalah. Ada juga yang selalu berusaha keras sehingga dengan mudah mampu mendapatkan apa yang diinginkan.

Tentunya yang terpenting adalah berkualitas dalam hal akhlak dan juga menggali potensi. Ketahuilah bahwa keunikan yang kita miliki dapat memberikan manfaat. Selama kita mampu memberikan manfaat terhadap oranglain meskipun sedikit, tentu kita sudah memiliki kualitas seorang muslimah karena sebaik-baiknya seorang muslimah adalah yang bisa memberi manfaat bagi oranglain. So, inilah waktu anda untuk memikirkan bahwa anda adalah muslimah yang berkualitas dengan member manfaat untuk oranglain, menggali lebih dalam tentang potensi diri sebagai rasa syukur terhadap Allah dan menjalaninya dengan usaha.

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.