Adab Minum; Mendidik Anak Sesuai Adab Rasul saw

Sebagai madrasah pertama dan utama dalam keluarga, para ibu muslimah dalam mendidik anak harus dengan tekad terbaik, ikhlash dan hanya mengharapkan ridha Seorang ibu memiliki peran yang sangat besar dalam pembentukan pribadi anak. Jika sang ibu berakhlak baik maka si kecil pun akan meniru ibunya karena biasanya waktu anak lebih banyak bersama ibunya.

Diantara adab yang semestinya kita ajarkan kepada si kecil adalah adab ketika minum. Minum merupakan aktivitas yang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Sehingga hal ini merupakan kesempatan yang baik untuk memberikan pengajaran bagi anak-anak kita dan melatihnya agar terbiasa minum sesuai dengan adab Rasul saw

Adab minum pertama: Memulai minum dengan membaca basmallah. “Wahai anakku, jika engkau hendak makan ucapkanlah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” Sabda Nabi saw yang diriwayatkan Thabrani.

Kedua: Minum dengan tangan kanan. “Jika salah seorang dari kalian hendak makan, hendaklah makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” Sabda Nabi saw yang diriwayatkan oleh Muslim. Dengan demikian, biasakan memberi tahu si kecil agar selalu menggunakan tangan kanan ketika makan dan minum.

Ketiga: Tidak bernafas dan meniup air minum. Hal ini kelihatan sepele dan tidak penting. “Jika kalian minum maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya.” Demikian sabda Nabi saw yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Keempat: Minum dengan posisi duduk. Bagi rang dewasa, minum dalam posisi duduk mungkin tidak suloit karena terkait etika, tapi bagi anak hal ini butuh pengajaran dan pembiasaan. “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya Demikian sabda Nabi saw yang diriwayatkan Ahmad.

Kelima: Tidak mencela minuman. Terkadang seorang anak, tidak suka minuman, dan naluri anak-anaknya kemudian melintarkaa kalimat cela. Ini penting untuk diajarkan kepada anak. Karena semua makhluk pun turut bertasbih kepada Allah swt.

Para ibu muslimah, itulah beberapa adab ketika minum sesuai kebiasaan Rasulullah saw. Dengan membiasakan adab islami kepada anak semenjak kecil, Insya Allah saat dewasa kelak anak-anak akan lebih mudah untuk melaksanakan adab-adab dalam islam dalam kesehariannya, karena ia sudah terbiasa.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.