4 Hal Penting Dilakukan Saat Buah Hati Tak Kunjung Hadir

Salah satu tujuan pernikahan adalah memiliki anak, anak adalah buah hati, anak adalah generasi penerus, anak sebagai tumpuan harapan pelanjut cita-cita, dan menjadi “mainan” yang tak membosankan. Namun apa jadinya jika buah hati tak kunjung hadir. Pernikahan sudah bertahun, bahkan puluhan tahun, tapi buah hati tak kunjung hadir. Bukan cuma kawatir karena generasi penerus tak kunjung datang, tapi fitnah dari sekeliling yang juga menyudutkan.

Apa yang salah? Masing masing lalu berusaha mencari akar masalahnya. Mungkinkah isteri yang menjadi penyebab, atau mungkin suami yang tidak mampu? Keduanya lalu berusaha, berobat, meminta nasehat, terapi, berbagai macam sudah dilakukan. Tapi takdir masih berkata buah hati tak kunjung hadir.

Sahabat muslimah, jika anak tak kunjung hadir, jangan putus asa! Setelah memeriksa dan tidak menemukan masalah apa-apa, maka yang pertama, jangan putus asa. Ada beberapa kemungkinan sehingga buah hati tak kunjung hadir. Pahami 4 hal berikut ini;

Pertama, buah hati adalah anugerah, jika anugerah yang diharapkan belum datang, bisa jadi itu adalah ujian dan cobaan. Anak adalah anugerah terindah, maka Allah swt menguji banyak hal dengan menunda kehadiran si buah hati. Bukankah setiap yang ingin naik ke kelas lebih tinggi harus melalui ujian dan cobaan. Berpikir positiflah bahwa itu adalah ujian dan cobaan dariNya.

(baca: agar doa muslimah terkabul)

Kedua, usahakan apa yang bisa diusahakan dengan benar dan jangan saling menyalahkan satu sama lain. Bisa dimaklumi, kegundahan masing-masing pasangan bisa menyebabkan saling meyalahkan. “Kamu sih sibuk melulu, akhirnya capek.” “Ah kamu, emang keturunan kamu begitu kok.” Berbagai macam omelan dan umpatan saling menyalahkan. Hindari semua itu.

Alangkah indahnya jika, cobaan itu dilalui dengan saling menasehati, saling mendukung satu sama lain. Mungkin saja satu dari pasangan itu memang ada yang khilaf. Dengan nasehat bisa sadar, lalu optimis dengan dukungan.

Ketiga, selalu berusaha dan berdoa. Pelajari semua kemungkinan masalah sehingga buah hati tak kunjung hadir. Pecahkan masalah itu dengan senantiasa berusaha dengan usaha yang benar. Usaha yang benar pasti akan diberi petunjuk olehNya. Barengi usaha dengan doa, pasti berkah.

(Baca: penghalang doa terkabul)

buah hati tak kunjung hadirBanyak usaha yang bisa dilakukan jika buah hati tak kunjung hadir, seperti berkonsultasi dengan para ahli, orang yang berpengalaman dalam masalah ini, meminum obat-obatan dan ramuan-ramuan, mengkonsumsi makanan-makanan yang dipercaya mampu meningkatkan kesuburan. Memperkaya pengetahuan tentang bagaimana proses terjadinya pembuahan dan fungsi alat reproduksipun termasuk hal yang tidak ada salahnya untuk dicoba.

(Baca: doa agar cepat mendapatkan anak)

Keempat, jika sudah melaksanakan tiga poin tadi, langkah terakhir adalah bersabar. Apapun keputusan Allah pasti baik untuk hambaNya Rasulullah saw bersabda, “Tidak seorang hambapun yang tertimpa musibah lalu ia mengatakan, “Sesungguhnya kami milik Allah, dan sesungguhnya hanya kepada-Nya kami kembali. Wahai Allah, berikanlah kami pahala dari musibah ini dan berilah ganti yang lebih baik darinya.” Kecuali Allah akan memberikan ganjaran pahala karena musibah yang menimpanya dan memberikan ganti yang lebih baik.”

Nah, sahabatku para muslimah, Empat hal yang harus dilakukan jika buah hati tak kunjung hadir tadi semoga menjadi pelajaran dan inspirasi buat kita.

Tags:
author

Author: 

Seorang muslimah yang bercita-cita menjadi shalehah. Berusaha dan terus berusaha