3 Alasan Jitu Kenapa Wanita Memakai Jilbab

Sebenarnya sudah jelas, masalah menutup aurat dan menjalankan perintah agama serta syariah islam adalah suatu hal yang pasti. Namun, terkadang beberapa dari wanita memakai alasan yang jauh dari manfaat kenapa wanita harus memakai jilbab. Terlepas dari kesadaran mereka karena sudah mau memakai jilbab, akan lebih bagus lagi jika niat kita didasari adanya kesadaran hati atas kewajiban memakai jilbab itu sendiri.

Alasan-alasan berikut ini sering sekali terdengar di telinga kita, apa saja sih alasan-alasan umum kenapa wanita memilih memakai jilbab;

  1. Menutupi bagian tubuh yang cacat

Beberapa wanita mungkin memiliki kekurangan fisik cacat di daerah sekitar wajah atau kepala. Alasan ini sering dipakai untuk kemudian wanita memutuskan memakai jilbab karena ingin menutupi cacat yang dia miliki karena malu akan terlihat orang lain. Rasa malu dan cacat ini mungkin bermanfaat karena bisa membuat seseorang akhirnya memutuskan untuk menutup aurat.

Di kemudian hari jika cacatnya sembuh, bukan jaminan dia akan tetap menutup auratnya. Karena mungkin kesadaran untuk memakai jilbab bukan murni dari hari karena ingin memenuhi syariah agama tapi karena malu atas kekurangan fisik yang dimiliki.

  1. Gampang mendapat jodoh

Tidak bisa dipungkiri bahwa lelaki lebih suka memperistri wanita yang berjilbab karena banyak dari mereka yang beranggapan wanita berjilbab itu sopan, anggun dan berbudi pekerti baik meskipun tidak semua wanita berjilbab itu mencerminkan prilaku demikian. Ada beberapa dari mereka yang memakai jilbab hanya untuk menutupi kelakuannya yang buruk.

Mungkin ini yang mendasari sebagian wanita untuk mengubah penampilannya dengan memakai jilbab. alangkah bagusnya jika alasan ini didasari dengan ketulusan hati karena Allah. Insyaallah Allah akan memeberikan jodoh yang baik pula.

  1. Mengikuti trend masa kini

Nah, ini dia salah satu alasan yang memiliki ranking tertinggi di antara alasan lainnya, mengikuti trend masa kini. Busana muslim sekarang ini seprtinya sudah menjadi salah satu icon fashion dunia. Perkembangan mode busana muslim yang sangat pesat, mau tidak mau menghanyutkan pemikiran beberapa wanita jaman sekarang.

Di mana-mana sekarang jarang orag tidak memakai jilbab, hampir setiap mata memandang semua wanita berjilbab. Bahkan sekarang keadaan terbalik, jika dulu orang akan dipandang aneh jika memakai jilbab, tapi sekarang malah terbalik. Orang tidak memakai jilbab yang malah dipandang aneh.

Karena sebagian dari wanita-wanita jaman sekarang mengaku hanya ikut-ikutan trend mode saat ini, dan mengikuti tips memakai jilbab yang modis, entah apa jadinya jika suatu saat trend mode berjilbab akan berganti. Syukur alhamdulillah jika alasan ini akan berubah menjadi kesadaran hati karena Allah.

Apapun alasannya, mungkin akan memberikan manfaat yang baik dalam untuk sementara waktu. Tapi percayalah apapun yang tidak didasari keyakinan dan niat karena Allah tidak akan bertahan lama. Jika memang kita memutuskan untuk memakai jilbab, mantapkan hati dan niat karena Allah, karena dengan begitu Insya Allah kita akan mendapatkan manfaat berjilbab sesuai syariah islam.

Tags:
author

Author: 

I am a housewife. Has a husband and two sons. My job every day is as a teacher. I was born from a religious family, maintaining norms and decency. The habit of living above the norm is what makes me feel happy with my family.